Artikel banjir – banjir merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh penduduk indonesia terutama bagi mereka yang tinggal didaerah pesisir pantai.

Sebenarnya banjir bukan hanya masalah pemerintah saja namun para penduduk atau warga juga harus sadar akan betapa bahayanya banjir ini dan mengurangi kebiasaan buruk seperti membuang samoah ke sungai karena hal tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir yang paling umum.

Karena itulah dalam artikel kali ini kreativitas.org akan mengajk kalian belajar mengenai pengertian banjir, proses terjadinya, penyebab terjadinya, jenis, serta dampak yang akan ditimbulkan oleh banjir bagi lingkungan maupun manusia itu sendiri.

Artikel banjir di indonesia

Sebelum melangkah lebih jauh ke tengah pembahasan saya ingin bertanya kepada kalian semua apa sih yang dimaksud dengan banjir ? Karena jangan sampai anda telah membaca jauh ketengah artikel namun masih belum mengetahui inti atau kunci dari artikel ini.

Artikel banjir yang pertama

1. Definisi banjir

Secara umum banjir dapat didefinisikan sebagai meluapnya debit aliran sungai hingga keluar atau jumlah debit aliran di sungai melebihi kapasitas tampung.

Sedangkan menurut wikipedia : Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air.

Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau melimpah dari bendungan sehingga air keluar dari sungai itu.

Artikel banjir bagian dua

2.Proses Terjadinya Banjir

Dalam cakupan pembicaraan yang luas, kita bisa melihat banjir sebagai suatu bagian dari siklus hidrologi, yaitu pada bagian air di permukaan Bumi yang bergerak ke laut. Dalam siklus hidrologi kita dapat melihat bahwa volume air yang mengalir di permukaan Bumi dominan ditentukan oleh tingkat curah hujan, dan tingkat peresapan air ke dalam tanah.

  • Aliran Permukaan = Curah Hujan – (Resapan ke dalam tanah + Penguapan ke udara).
Artikel banjir
Artikel banjir
Artikel banjir
Artikel banjir

A. Proses terjadinya banjir secara alamiah

Turunnya hujan jatuh kepermukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk kepermukaan tanah mengalir ketempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar kepermukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadi bancana bagi manusia bila banjir itu mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia.

Artikel banjir

B. Proses terjadinya banjir secara non alamiah

karena ulah manusia seperti, membuang sampah tidak pada tempatnya dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangannya semakin lama semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.

Jadi Proses banjir adalah meluapnya air sungai, danau, atau selokan sehingga air akan meluber lalu menggenangi daratan.

Sumber : kurnia-nett.blogspot.com

Artikel banjir nomor tiga

3. Penyebab terjadinya banjir

Sebenarnya ada banyak faktor yang sangat berpengaruh terhadap terjadinya banjir namun pada dasarnya ialah dikarenakan oleh ulah tangan manusia itu sendiri seperti membuang sampah ke sungai sehingga membuat air disana tidak bisa mengalir ke laut lalu menjadi mampet dan lain sebagainya.

READ  Artikel Pemanasan global singkat dan lengkap "rinci"

Berikut ialah beberapa penyebab banjir yang dapat saya rangkum untuk kalian semua :

A. Berkurangnya jumlah pohon

Artikel banjir di indonesia
Artikel banjir di indonesia

Pohon sendiri sangat membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang karena pada dasarnya airlah makanan mereka dan akibat ulah tangan jahil manusia yang menebangi pohon dihutan hanya demi kepentingan pribadi menjadikan jumlah pohon saat ini semakin sedikit.

Dwngan begitu maka jumlah akar pohon sebagai penyerap air juga semakin berkurang dan jika terjadi hujan secara terus menerus yang dibarengi dengan tumpukan sampah disekeliling sungai maka tentu banjir tidak dapat terelakkan datangnya.

artikel banjir

B. Pembuangan sampah di sungai

Artikel banjir di indonesia
Artikel banjir di indonesia

Ini mrrupakan salah satu kebiasaan buruk masyarakat yang bahkan sudah mendarah daging bagi mereka karena pada kenyataannya meskipun nereka tahu hal ini salah namun masih saja dilakukan setiap hari.

Hal ini mungkin terjadi akibat minimnya tempat pembuangan sampah didaerah mereka dan akhirnya mereka lebih memilih untuk membuangnya ke sungai dengan harapan sampah tersebut nantinya akan ikut hanyut mengikuti arus sungai.

Namun pada kenyataannya karwna jumlah sampah yang terlalu banyak bahkan sungai besar pun tidak dapat menampung samoah tersebut dan pada akhirnya menjadi mampet diikuti dengan curah hujan yang tinggi maka jadilah banjir, horeeeee.

Ketika banjir datang biasanya para warga masyarakat justru menyalahkan pemerintah karena merwka pikir pemerintah tidak pecus mengurusi sungai padahal mereka sendirolah yang membuat sungai tersebut mampet dengan banyaknya sampah disana.

C. Dataran rendah

Artikel banjir di indonesia
Gambar didapat dari jambi.tribunnews.com

Penyebab terjadinya banjir pada suatu kawasan selanjutnya ialah dikarenakan daerah tersebut termasuk dalam dataran rendah, lho mengapa kok dataran rendah rawan terjadi banjir ? Tenang, ini penjelasan saya.

Pada umumnya air akan mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, dwngan begitu maka luapan air entah dari sungai, laut maupun waduk atau danau yang jumlahnya saaangat banyak tentu juga akan mengalir ke tempat yang lebih rendah ketika zudah melebihi kapasitas tampung.

Contoh mudahnya ialah seperti seluncuran air yang banyak ada di berbagai kolam renang umum, seluncuran tersebut mulanya pasti bermula dari tempat tinggi lalu kemudian turun kebawah.

D. Hujan secara terus menerus

Artikel banjir di indonesia
Artikel banjir di indonesia

Ketika hujan terjadi secara berkelanjutan atau terus menerus selama beberapa waktu maka kemungkinan besar akan terjadi banjir di daerah tersebut Apalagi jika disana jumlah pohon sebagai penyerap air sangat sedikit.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banjir ialah air itu sendiri, jadi jika debit air yang datang jauh melebihi kapasitas tampung suatu bendungan maupun sungai maka bendungan tersebut tentu akan jebol atau setidaknya air tersebut melewati bagian atas sehingga sampailah kepada pemukiman warga yang dinamakan banjir.

READ  Sejarah internet di indonesia singkat, proses masuk dan perkembangan

E. Minimnya daerah resapan air

Dengan penebangan hutan yang terjadi hampir disemua daerah kemudian menjadikannya sebagai lahan perumahan dan lain sebagainya maka ddengan begitu jumlah daerah resapan air juga akan semakin berkurang.

Akibatnya ketika hujan terjadi secara teruss menerus maka air tersebut hanya akan memenuhi sungai hingga akhirnya meluap luap keluar karwna jumlahnya melebihi kapasitas tampung suatu bendungan dan pada ahkirnya terjadilah banjir.

Artikel banjir yang ke empat

4. Jenis banjir

A. Banjir Bandang

Artikel banjir di indonesia
Gambar didapat dari news.okezone.com

Banjir bandang merupakan banjir yang sangat berbahaya, sering kali menimbulkan korban jiwa saat banjir bandang. Banjir bandang ini mengangkut air dan juga lumpur. Banjir ini katagori banjir yang sangat berbahaya karena bisa mengangkut apa saja.

Banjir ini cukup memberikan dampak kerusakan cukup parah. Banjir bandang biasanya terjadi akibat gundulnya hutan dan rentan terjadi di daerah pegunungan. Saat banjir bandang, biasnya banjir ini akan membawa pohon pohon dan bebatuan berukuran besar sehingga bisa merusak pemukiman warga dan dapat menimbulkan korban jiwa.

Artikel banjir

B. Banjir Air

Banjir air adalah jenis banjir yang sangat umum terjadi, biasnya banjir ini terjadi akibat meluapnya air sungau, danau atau selokan. Karena intensitas banyak sehingga air tidak tertampung dan meluap itulah banjir air. Banjir air sangat sering terjadi saat hujan deras dalam kurun waktu yang lama, sehingga air tidak tertampung dan meluap.

C. Banjir Lumpur

Artikel banjir di indonesia
Sumber skalanews.com

Banjir lumpur memiliki kemiripan dengan banjir bandang, namun banjir lumpur ini keluar dari dalam bumi yang akan mengenangi daratan. Lumpur ini mengandung bahan gas yang sangat berbahaya.

D. Banjir Rob (Banjir Laut Air Pasang)

Artikel banjir di indonesia
Liputan6.com

Banjir rob biasanya terjadi akibat air laut yang pasang. Biasnya banjir ini akan menerjang kawasan pemukiman di wilayah pesisir pantai. Di jakrta biasanya banjir rob akan melanda kota muara baru jakarta. Air laut yang pasang, akan menahan laju air sungai yang sudah banyak sehingga akan menjebol tanggul dan meluap mengenangi daratan.

E. Banjir Cileunang

Artikel banjir di indonesia
Tribunnews.com

Banjir cileunang hampir mirip dengan banjir air, namun banjir cileunang ini terjadi akibat derasnya hujan sehingga debit air pun menjadi banyak dan tidak terbendung. Jikan intensitas hujan deras biasanya air akan meluap dan itu di sebut dengan banjir cileunang.

Sumber : pusatkrisis.kemkes.go.id

5. Dampak banjir

Setwlah mengetahui definisi, proses terjadinya, penyebab, serta apa saja jenis jenis banjir selanjutnya mari kita membahas sedikit mengenai dampak yang akan ditimbulkan ketika banjir datang ke suatu wilayah.

Sebenarnya ada sangat banyak sekali kerugian yang aakan ditimbulkan akibat terjadinya banjir ini namun kali ini saya hanya akan menyebutkan 5 diantaranya saja sebagai referensi, oke simak dibawah.

A. Melumpuhkan kegiatan jual beli

Dampak di bidang perekonomian yang paling pertama kita rasakan ketika datang bencana banjir adalah lumpuhnya kegiatan jual beli. Kegiatan jual beli merupakan kegiatan perekonomian yang pasti ada di sekitar kita dan pasti dilakukan oleh setiap orang.

READ  10 Upaya PENANGGULANGAN PEMANASAN GLOBAL beserta gambarnya

Tempat jual beli pada umumnya adalah pasar, ataupun toko dan warung. Ketika bencana banjir tiba, pasar, toko dan warung-warung terendam maka tidak akan ada yang namanya kegiatan jual beli. Para penjual sibuk mengamankan isi rumah dan juga dagangan mereka sehingga tidak sempat untuk melakukan jual beli. Akibatnya kegiatan perdagangan akan lumpuh secara otomatis sementara waktu.

B. Melumpuhkan kegiatan produksi

Kegiatan perekonomian ada tiga macam yakni produksi, distribusi dan juga konsumsi. Produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan barang dan jasa yang akan dijual. Ketika bencana banjir tiba, maka kegiatan produksi, khususnya produksi barang tentu saja akan terhambat. Bagaimana orang melakukan produksi, sementara tempat mereka terendam air dan bahan baku pun belum tentu adanya.

Produksi barang juga pasti akan dihentikan sementara karena kegiatan jual beli belum aktif. Kegiatan produksi jasa mungkin yang tidak akan lumpuh, karena mengandalkan tenaga dan pikiran manusia. Namun ketika situasi tidak memungkinkan maka tidak akan ada orang yang akan menyewa jasa tersebut, kecuali jasa- jasa tertentu yang justru lahir ketika banjir datang.

C. Menghambat kegiatan distribusi

Kegiatan distribusi adalah kegiatan menghantarkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Ketika bencana banjir tiba, maka daerah yang terkena banjir menjadi daerah isolasi sehingga tidak akan ada mobil- mobil kontainer dari produsen yang akan menyetor barang ke swalayan grosir karena sedang kebanjiran. Demikian pula swalayan grosir tidak akan buka dan menjual dagangan mereka pada pedagang retail, karena sedang kebanjiran.

D. Menghambat kegiatan untuk bekerja

Banjir memang merugikan banyak pihak, tidak hanya pelaku jual beli saja, namun juga para pekerja baik pekerja mandiri maupun ikut perusahaan. Banyak orang yang akan sibuk mengurusi tempat tinggalnya dan hambatan dalam menyiapkan sarana dan prasarana untuk bekerja karena adanya banjir. Saat banjir ini maka akan banyak karyawan yang mengambil cuti atau justru diliburkan. Sementara untuk pekerja mandiri, seperti pedagang dan petani, mereka juga akan sibuk mengurusi tempat tinggal dan juga harta benda mereka.

E. Sulitnya mendapatkan barang-barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan

Ketika banjir tiba, maka akan sangat sulit bagi kita untuk menemukan barang-barang untuk memenuhi kehidupan sehari- hari maupun kebutuhan selama banjir tiba. Bahkan tidak sedikit orang yang justru kehilangan harta benda mereka. Karena kesulitan inilah biasanya muncul bantuan-bantuan seperti makanan, obat-obatan, pakaian, selimut dan lain sebagainya untuk meringankan beban mereka yang terkena banjir.

sumber : ilmugeografi.com

Itulah sekiranya artikel banjir di indonesia yang dapat kreativitas.org sampaikan untuk kalian, jika ada pertanyaan maupun keluhan yang ingin disampaikan mohon ditulis di kolom komentar ya.

Terimakasih

Artikel banjir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here