Artikel Narkoba – Pernahkah kalian melihat berita tentang kalangan artis maupun pelajar di indonesia yang terjerumus kedalam dunia narkoba ? Jika iya mengapa kalian melihat berita tersebut dan juga apakah anda tahu kenapa mereka bisa sampai menggunakan salah satu obat obatan terlarang tersebut ?.

Naasnya banyak diantara kaum pelajar bahkan yang masih smp sekalipun sekarang ini sudah ada banyak yang terjerumus oleh narkoba dan mereka bahkan tidak tahu mengapa mereka menggunakan obat berbahaya tersebut selain karena mengikuti teman teman agar dianggap keren, gaul dan lain sebagainya.

Artikel Narkoba Singkat

Pada pembahasan kali ini saya akan menyediakan artikel singkat mengenai apa yang dimaksud dengan narkoba, jenis, pemicu/penyebab terjadinya penyalahgunaan narkoba + penyebarannya, dampak dan juga bagaimana cara menyadarkan anak muda agar tidak terjerumus kedalam dunia narkoba dan berbagai macam obat obatan terlarang lain.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai artikel narkoba kali ini, sebelumnya saya ingin bertanya terlebih dahulu “apa yang dimaksud dengan narkoba ?” Karena jangan sampai kita telah jauh ke tengah materi namun kalian masih belum bisa mengerti apa inti dari pembahasan kali ini.

Artikel narkoba bagian satu

1. Definisi / Pengertian Narkoba

Narkoba atau kepanjangannya ialah narkotika dan obat berbahaya, selain itu pihak Departemen Kesehatan Indonesia juga memperkenalkan istilah lain yaitu Napza yang berarti narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

Jangan bingung dulu ya karena pada dasarnya kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama yaitu sekelompok zat berbshaya dan mempunyai resiko kecanduan tinggi bagi penggunanya. Sedangkan beberapa pengertian narkoba menurut para ahli ialah sebagai berikut :

A. Kurniawan (2008)

Narkoba ialah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati dan perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya.

B. Ghoodse (2002)

Narkoba ialah zat kimia yang dibutuhkan untuk merawat kesehatan, saat zat tersebut masuk kedalam organ tubuh maka akan terjadi satu atau lebih perubahan fungsi didalam tubuh. Lalu dilanjutkan lagi dengan ketergantungan secara fisik dan psikis pada tubuh, sehingga jika zat tersebut dihentikan pengkonsumsiannya maka akan terjadi gangguan secara fisik dan psikis.

C. Wartono (1999)

Narkoba ialah dampak yang ditimbulkan antara lain dapat berupa gangguan konsentrasi serta penurunan daya ingat bagi sang pemakai, sedangkan dampak sosialnya dapat menimbulkan kerusuhan di lingkungan keluarga yang akan menyebabkan hubungan pemakai dengan orangtua menjadi renggang, dan menimbulkan perilaku yang tidak diinginkan seperti pencurian atau penodongan.

D. Smith Kline dan French Clinical (1968)

Narkoba ialah zat-zat atau obat yang dapat mengakibatkan ketidaksadaran atau pembiusan dikarenakan zat-zat tersebut bekerja dengan mempengaruhi susunan saraf sentral. Dalam definisi ini narkoba sudah termasuk jenis candu dan turunan candu (morphine, codein, heroine) dan candu sintesis (meperidinedan metadone).

Data tersebut saya dapat dari masterpendidikan.com .

Artikel narkoba nomor dua

2. Jenis Narkoba

Pemerintah indonesia sendiri telah mengatur jenis dan level narkoba karena tidak semua jenis narkotika dan psikotropika dilarang penggunaannya, ada yang dikhususkan di bidang kedokteran bahkan pengembangan ilmu oengetahuan sekalipun tidak jarang oula menggunakan narkoba sebagai bahannya.

Berdasarkan data yang dilansir oleh pihak detik.com ada sekitar 644 jenis narkoba di seluruh dunia, dari jumlah tersebut pihak pemerintah indonesia baru menetapkan 43 diantaranya kedalam Permenkes No. 2 Tahun 2017 tentang perubahan penggolongan narkotika.

Adapun menurut UU No. 5 Tahun 1997 dan UU No.22 Tahun 1997 narkoba jenis 1 termasuk kedalam jenis zat yang berkategori ilegal, oleh karen itu barangsiapa yang dengan sengaja memperjual belikannya dapat dikenai sanksi tindak pidana.

Artikel Terkait ➡  10 Khasiat MANFAAT BUAH KELENGKENG Untuk Anak, diet kecantikan

Sedangkan narkoba jenis II adalah yang memiliki khasiat menyembuhkan dan dapat digunakan sebagai bahan obat obatan namun hanya sebagai pilihan terakhir saja, selain itu narkoba jenis ini juga seringkali digunakan dibidang pengembangan ilmu pengetahuan dan memiliki kemungkinan cukup besar untuk mengakibatkan kecanduan terhadap penggunanya.

Yang terakhir ialah narkoba jenis III, sebenarnya sama saja dengan jenis 2 yaitu daoat digunakan dalam bidang pengobatan dan juga ilmu pengetahuan hanya saja ia memiliki resiko kemungkinan yang sangat kecil terhadap kecanduan sang pengguna.

Berikut ialah pengelompokan narkoba berdasarkan golongannya :

  • Narkoba golongan I ➡ ganja, heroin, kokain, morfin, opium, Tembakau gorila, DMT, MDPV, MDMA/ekstasi, LSD dan STP d.l.l
  • Narkoba golongan II ➡ benzetidin, betametadol, petidin, amfetamin, metilfenidat atau ritalin d.l.l
  • Narkoba golongan III ➡ kodein dan turunannya, metadon, naltrexon d.l.l
  • Narkoba golongan IV ➡ umibal, buprenorsina, pentobarbital, Flunitrazepam d.l.l
  • Narkoba golongan V ➡ nitrazepam, Aminorex , dumolid, diazepam d.l.l

Dan berikut ialah penjelasan singkat mengenai jenis narkoba yang paling populer di indonesia atau paling banyak beredar dan digunakan.

A. Ganja

Ganja atau dikenal juga dengan nama marijuana ini sebenarnya ialah berupa tanaman yang semua bagian pada tanaman tersebut dapat menimbulkan efek candu dan juga merusak otak jika digunakan secara terus menerus.

Biasanya ganja dikonsumsi dengan cara dimasukkan kedalam gulungan rokok sebagai pengganti tembakau. Adapun efek yang ditimbulkan biasanya ialah pengguna menjadi lebih agresif dan juga menjadi pelupa.

B. Heroin

Biasanya heroin atau putaw ini berbentuk bubuk dan dipakai dengan cara dicsmpur menggunakan susu bubuk maupun gula agar rasanya tidak terlalu pahit. Ada juga beberapa pemakai yang menyuntukkannya langsung kedalam tubuh yaitu dengan mencairkan heroin terlebih dahulu lalu dimasukkan kedalam alat suntik.

Walaupun efek yang ditimbulkan pada umumnya ialah kegembiraan namun jangan lupa bahwa heroin ini termasuk kedalam salah satu obat obatan terlarang yang dapat merusak fungsi otak anda.

C. Kokain

Selanjutnya ialah kokain, jenis narkoba ini berbentuk serbuk yang dapat menghancurkan metabolisme sel menjadi sangat cepat. Serbuk ini berasal dari tanaman koka atau dlam bahasa ilmiahnya ialah Erythroxylon coca yang banyak tumbuh di wilayah amerika selatan.

Kokain terdiri dari 2 jenis yaitu free base dan hidroklorid yang keduanya termasuk kedalam golongan narkotika karena efek aditif yang ditimbulkannya. Sebetulnya kokain ini pada dasarnya digunakan dalam bidang pengobatan seperti pembedahan karena ia mempunyai efek yang akan mempersempit pembuluh darah dan menghalanginya mengalir ke penjuru tubuh.

D. Sabu-Sabu

Ini dia jenis narkoba yang paling banyak beredar di indonesia, saya yakin kalian sudah sering kali melihat berita di televisi mengenai pengedaran sabu sabu ini enth dari kalangan artis, anggota polisi, dewan, dan bahkan para pelajar dan orang yang sudah ditangkap dipenjara sekalipun seringkali kedapatan mengkonsumsi sabu ini.

Ia dipakai dengan cara dimaukkan kedalam rokok, dihisap maupun langsung disuntikkan kedalam tubuh dwngan cars dicairkan terlebih dahulu. Efek yang ditimbulkan dari pemakaian sabu-sabu ialah perasaan senang gembira yang berlebihan dikarwnakan kandungan dopamine-nya.

Namun jika ia dipakai secara terus menerus maka juga dapat mengakibatkan kerusakan otak secara permanent.

E. Ekstasi

Obat obatan terlarang ini teemasuk kedalam jenis psikotropika dan dapat menimbulkan efek bahagia berlebihan, euforia, rasa cinta serta meningkatkan sensor indra pada tubuh seperti kulit.

Karena itulah orang yang mengkonsumsi ekstasi ini biasanya menjadi sangat oeka terhadap sentuhan walau sekecil apapun, jenis inilah yang biasanay digunakan sebagai obat perangsang bagi lawan jenis ketika akan melakukan hubungan badan.

Artikel Terkait ➡  Contoh polutan air, udara dan tanah beserta sumbernya

Artikel narkoba yang ketiga

3. Penyebaran narkoba

Walaupun termasuk sebagai obat obatan terlarang yang sudah pasti tidak boleh digunakan namun pada kenyataannya narkoba justru telah merajalela dan menyebar di hampir semua kalangan masyarakat dari menengah hingga kelas atas, orang biasa hingga pejabat bahkan sampai pelajar yang belum cukup umur dan belum mempunyai ktp pun sudah banyak yang menggunakan narkoba.

Mirisnya lagi ialah bahwa tidak sedikit oknum penegak hukum yang justru mengedarkan narkoba entah dari jenis sabu sabu, ekstasi maupun golongan lain kedalam penjara yang seharusnya bersih dan tempat untuk menyadarkan diri dari segala kesalahan dimasa lalu.

A. Penyebaran narkoba dikalangan pelajar

Di indonesia sendiri penyebaran narkoba terjadi sangat pesat dan biasanya para pecantu tersebut berusia diantara kisaran belasan hingga 24 tahun saja yang artinya mayoritas dari mereka merupakan golongan pelajar.

Kebiasaan buruk ini biasanya diawli dengan merokok karena seperti yang telah anda ketahui sendiri saat ini bahwa rokok sudah menjadi kebiasaan umum bagi para pelajar bahkan tidak sedikit dari mereka yang berani melakukannya bahkan ditempat umum sekalipun.

Dari merokok inilah pergaulan menjadi semakin menjadi apalagi jika mereka mulai bergaul dengan orang luar yang telah lebih dulu terjerumus kedunia narkoba maka kemungkinan besar pecandu tersebut juga akan mengajak apra pelajar mencobanya dengan alasan biar gaul, biar kekinian dan lain sebagainya.

Kabar buruknya ialah kebanyakan dari pelajar tersebut memiliki rasa gengsi yang sangat tinggi sehingga dengan mudahnya ikut terjerumus dengan tipu rayu sedemikian rupa tersebut.

Alhasil mereka tidak lagi bisa berfikir dengan jernih bahkan tidak sedikit pula yang rwla menjual segala yang merwka punya seperti motor, handphone mobil hanya untuk membeli barang HARAM tersebut.

Pada akhirnya masa depan mereka menjadi hancur dan jika sudah begini maka orangtualah yang paling mengalami depresi karena ulah anak anak mereka sendiri, selain itu dengan menjadi pecandu narkoba maka kemungkinan besar kalian juga akan dijauhi oleh masyarakat sekitar.

B. Penyebaran narkoba dikalangan artis indonesia

Bagi artis yang sudah tentu memiliki gaji diatas rata rata narkoba bukanlah termasuk barang mahal bagi mereka karena hanya dari sekali tampil saja biasanya mereka sudah bisa memperoleh puluhan juta rupiah.

Biasanya para artis yang menggunakan narkoba beralasan bahwa mereka terlalu lelah dengan kesibukan sehari hari yang harus selalu kesana sini menghibur orang dan bahkan tidak sedikit pula yang bilang bahwa merka sama sekali tidak tahu bahwa barang yang digunakan tersebut adalah narkoba.

Saya tidak Kan menjelaskan lebih lanjut mengenai narkoba dikalangan artis ini karena saya sendiri tidak tahu menahu soal kehidupan mereka, tapi jangan khawatir karena saya juga akan menghubungkan artikel narkoba lain yaitu Narkoba di kalangan artis dan darurat narkoba di Indonesia .

Artikel narkoba bagian empat

4. Dampak Narkoba

Sebenarnya narkoba tidak selalu berdampak buruk karena ada juga yang dipakai untuk tujuan pengobatan dan ilmu pengetahuan, namun karena tujuan saya disini ialah menyadarkan kalian supaya tidak terjerumus maka sya hanaya akan mengutipkan sedikit mengenai dampak negatif dari penggunaan narkoba yang saya peroleh dari sumber terpercaya .

A. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap fisik

  • Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi
  • Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah
  • Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan (abses), alergi, eksim
  • Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti: penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru
  • Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur
  • Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual
  • Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid)
  • Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya
  • Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian
Artikel Terkait ➡  19 Khasiat Manfaat Madu Lebah Asli Untuk Wajah Dan Kesehatan

B. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap psikis

  • Lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah
  • Hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga
  • Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
  • Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan
  • Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri

C. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap lingkungan sosial

  • Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan
  • Merepotkan dan menjadi beban keluarga
  • Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram

Data dampak penyalah gunaan narkoba tersebut saya dapat dari belajarpsikologi.com.

Artikel narkoba yang terakhir

5. Cara mencegah agar tidak terjerumus kedunia narkoba

Setelah mengetahui apa saja dampak yang akan anda terima apabila menjadi pengguna narkoba, sekarang saya akan membagikan beberapa tips agar kalian tidak dan jangan sampai terjerumus kedalamnya.

A. Memperkuat keimanan

Ini dia yang paling utama dalam mencegah seseorang berbuat keburukan termasuk terjerumus narkoba ini tentu saja termasuk kedalam hal buruk yang akan sangat berdampak bagi diri sendiri maupun ke orang terdekat.

Seorang dengan iman yang lemah biasanya akan sangat mudah dihasut entah dari setan, iblis maupun dari manusia yang berhati setan. Bedalagi ceritanya jika kalian memperkuat iman karena bagaimanapun jika kalian dekat denganNya maka sudah pasti Tuhan juga akan senantiasa melindungi kalian dari hal buruk.

B. Cerdas memilih pergaulan

Karena walau bagaimanapun juga pergaulan atau teman akan sangat berpengaruh terhadap akan jadi apa kita nantinya, orang yang memiliki latar belakang serta teman baik maka besar kemungkinan dia juga akan menjadi orang baik.

Beda lagi jika kalian sering bergaul dengan orang yang tidak jelas dan suka keluyuran kesana kemari, yah dan walaupun hal ini tidak sepenuhnya benar akan tetapi bukankah

Mencegah lebih baik daripada mengobati

C. Paham akan bahaya narkoba dan jangan coba coba

Memang bagus jika kalian ingin mencoba hal baru tapi alangkah baiknya jika anda melihat dan mempelajari dulu apa yang akan anda coba sebelumnya karena jangan sampai tanpa tahu apa yang terjadi anda malahan menjadi salah satu pengguna narkoba.

D. Ikut kelas penyuluhan narkoba

Jika ditempat tinggal maupun disekolah kalian diadakan pendidikan mengenai narkoba, tidak ada salahnya jika kalian mengikutinya karena akan ada sangat banyak ilmu yang akan anda dapat salah satunya ialah dampak dan bagaimana cara agar kalian terhindar dari pergaulan yang akan menjerumuskan kedalam narkoba dan sejenisnya.

Sekian mengenai artikel narkoba yang dapat saya sampaikan kali ini, jika ada pertanyaan maupun keluhan yang ingin disampaikan mohon ditulis melalui kolom komentar ya.

Terimakasih

Artikel narkoba singkat dikalang pelajar dan artis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here