Cara budidaya lintah – Tahu lintah ? itu lho hewan menggeliat penghisap darah nan menjijikkan , namun jangan salah sangka dulu karena lintah bisa memberikan anda lebih banyak penghasilan daripada bisnis / usaha lain dengan cara budidaya lintah bagi pemula yang akan kreativitas.org sajikan bagi kalian pembaca setia sekalian .

Mengapa usaha budidaya lintah sangat menjanjikan ? hal ini saya simpulkan karena melihat dari sekitar wilayah kecamatan dan kabupaten bahwa hanya ada 1 saja peternak lintah sekaligus pakar dalam mengobati segala jenis penyakit . Lintah sangat besar manfaatnya dalam dunia kedokteran karena dapat menghisap racun dan zat zat berbahaya melalui darah yang mereka hisap dari tubuh manusia .

Karena itulah sekarang ini lintah sangat populer dikalangan para dokter modern maupun tradisional dalam menyembuhkan penyakit , adapun contoh penyakit yang dapat disembuhkan ialah :

  1. Hipertensi / Tekanan darah tinggi
  2. Kolesterol
  3. Diabetes / Penyakit gula
  4. Asam Urat
  5. Migrain
  6. Sakit kepala yang berkelanjutan
  7. Jantung
  8. Gagal ginjal
  9. Kanker payudara
  10. Leukimia / Kanker darah
  11. Kista dan MiomaKebotakan
  12. Sinus
  13. Jerawat
  14. Reumatik / encok
  15. Tiroid
  16. Hepatitis / Liver
  17. Obesitas / Kegemukan
  18. Parkinson
  19. Epilepsi

Dan masih banyak lagi ,oke tanpa banyak basa basi gak penting mari kita masuk pada pembahasan :

1. Persiapan memulai ternak Lintah

Usaha budidaya lintah bagi sebagian orang memanglah termasuk kedalam suatu pekerjaan mudah , Namun akan lain ceritanya kalau anda sama sekali belum berpengalaman atupun tidak memiliki pengetahuan mengenai cara ternak lintah .

Berikut ialah langkah persiapan yang harus anda lakukan agar bisa mendapatkan hasil memuaskan :

A. Suhu lingkungan

Adapun suhu normal bagi anakan lintah ialah sekitar 18°C sampai 20°C, sedangkan bagi lintah dewasa ialah 25 sampai 30°C . Sebaiknnya anda juga harus sesering mungkin untuk melakukan pengecekan suhu agar peternakan lintah ini menghasilkan banyak bibit berkualitas .

READ  Cara Ternak Semut Rangrang media toples paralon dan dari alam untuk pemula

B. Kolam / tempat memelihara lintah

Dalam berbagai buku maupun media yang membahas mengenai panduan cara budidaya lintah yang saya baca, Kolam yang dibuat haruslah memiliki dinding dengan ketinggian +-30cm .Kolam tembok dianjurkan karena pada umumnya suhu disana tidak mudah berubah sehingga memudahkan anda dalam mengatur suhu nantinya.

Letakkan juga beberapa benda pendukung seperti genteng bekas yang akan menjadi sarana untuk menempel lintah. Kolam juga harus ditutup dengan menggunakan kawat kasa supaya dapat mencegah lintah kabur dari kolam .

2. Proses Awal budidaya Lintah

Setelah semua proses persiapan telah selesai sekarang tahap utama dalam cara budidaya lintah versi kreativitas.org yaitu proses awal ternak lintah .

Untuk mendapatkan bibit lintah kalian bisa membeli anakannya secara langsung ataupun dwngan cara membeli indukan terlebih dahulu.

Jika kalian membelinya sebaiknya usahakan agar indukan setidaknya berusia 6 bulan agar mereka telah siap untuk menghasilkan lintah baru , Dan jangan lupa untuk memberi mereka pakan setidaknya sekali dalam seminggu menggunakan belut ataupun ikan lain yang memiliki banyak darah .

Setelah kalian memiliki lintah tersebut jangan langsung memasukkannya kedalam kolam namun perhatikan dulu kelembaban udaran dan ph air dalam kolam tersebut. Adapun ph air normal untuk budidaya lintahbialah berkisar antara 5 sampai 7 sementara untuk kelembabannya 30% sampai 40% .

Sebuah kolam dengan ukuran 1m2 bisa diisi sebanyak 800 ekor lintah .Di habitat asli biasanya lintah akan menempelkan telur pada akar tanaman namun kali ini kita akan menggunakan media lain untuk meminimalisir penggunaan tempat yaitu menggantinya dengan genteng bekas .

3. Proses Lanjutan Budidaya Lintah

Proses pembibitan lintah biasanya akan memakan waktu sekitar 6 bulan. Para indukan lintah akan mulai bertelur saat memasuki setengah bulan masa budidaya. Untuk menghindari induk memakan anak lintah yang baru saja menetas sebaiknya pisahkan mereka kedalam 2 kolam yang berbeda sejak masih dalam tahap telur .

READ  Panduan Cara Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula lengkap

Anak-anak inilah yang akan kita jual kepada mereka yang membutuhkannya atau mereka yang mendirikan terapi lintah .Di dalam cara ternak lintah, usia idea luntuk memanen lintah dan menjualnya ialah sekitar 4 hingga 6 bulan.

Penutup

Jika kalian benar benar ingin memulai usaha budidaya ternak lintah ini jangan sampai merasa jijik apalagi takut karena memang pada dasarnya bentuk hewan ini sangatlah tidak enak dipandang dan uang membuat orang orang takut ialah karena mereka penghisap darah .

Terimakasih

Cara budidaya ternak lintah bagi pemula

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here