Masih bingung bagaimana cara membuat postingan blog berkualitas agar disukai oleh mesin pencari terutama google dan para pengunjung ? Jangan khawatir karena disini saya akan menyediakan tata CARA MENULIS ARTIKEL agar dapat bersaing di halaman pertama google maupun search engine lain .

Sebenarnya MEMBUAT ARTIKEL itu mudah , anda hanya perlu menulis . Menulis apapun yang ada dalam pikiran entah itu hal baik/buruk singkat maupun panjang semua termasuk jenis ARTIKEL asalkan berupa tulisan dan dapat dibaca .

Yang sulit itu hanyalah SEO “faktanya” , mengapa saya bilang fakta ? Tentu saja karena SEO bukanlah ilmu pasti seperti matematika dimana 1+1 hasilnya pasti 2 dan selamanya akan seperti itu tidak akan ada yang berani membantahnya . Beda lagi dengan si SEO ini karena setiap waktu algoritma mesin pencari dapat berubah-ubah mengikuti perkembangan jaman .

Dan walaupun saya menulis postingan yang membahas mengenai bagaimana CARA MENULIS ARTIKEL blog agar disukai oleh google , tidak ada jaminan bahwa apa yang saya tulis disini akan masuk pada halaman pertama atau bahkan ranking 1 mbah google tersebut.

Karena diluar sana ada baaaaaaaaaaaaaanyak sekali para master blogging yang sudah lebih dulu membuat artikel yang sama persis pembahasannya seperti yang sedang anda baca . Contohnya ialah :

  1. Mas darmawan (panduanim) dengan artikelnya yang berjudul 9 Tahap Menulis Artikel yang Baik untuk Website agar Mendapatkan Peringkat 1 di Google .
  2. Mbak agusmita (penulisbuku.com) dengan Tips dan cara menulis artikel yang baik
  3. Dan blog ninoartikel.com dengan artikelnya 12 cara membuat artikel berkualitas untuk pemula .

Jadi sebenarnya saya masih ragu dalam MENULIS ARTIKEL ini karena bisa dibilang blog kreativitas.org merupakan blog baru dan masih belum dikenal orang , namun jika anda menemukan postingan ini dari mesin pencari itu artinya sedikit banyak saya telah berhasil membuat ARTIKEL yang disukai oleh mesin pencari .

Sebelum melangkah lebih jauh saya ingin bertanya kepada agan agan pembaca setia disini mengenai apakah yang dimaksud dengan ARTIKEL ? Karena jangan sampai kita telah melangkah sedemikian jauh ketengah pembahasan namun anda masih belum mengetahui inti permasalahannya .

ARTIKEL adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Sumber :wikipedia.org .

Bagaimana Sudah ada gambaran mengenai apakah yang dimaksud dengan ARTIKEL ? Saya harap anda sudah memahaminya karena pembahasan selanjutnya akan jauh lebih sulit lagi.

CARA MENULIS ARTIKEL agar disukai oleh mesin pencari

Berikut akan saya sajikan beberapa tips agar artikel yang anda buat bisa nangkring dihalaman pertama mesin pencari seperti mbah google, bing, yahoo, duckduckgo dan lain sebagainya .

1. Buatlah artikel untuk manusia

Inilah yang sebenarnya paling utama bagi saya , kebanyakan blogger pemula lebih condong untuk MENULIS ARTIKEL bagi mesin pencari bukan untuk manusia . Padahal tujuan utama kita MEMBUAT ARTIKEL tersebut ialah agar dapat dibaca oleh manusia yang sedang haus akan informasi, google saat ini lebih memfokuskan artikel yang human friendly daripada seo-friendly (katanya) .

Jika dulu kita menganggap artikel SEO ialah :

  1. Panjang minimal 300 kata (menurut yoast).
  2. Banyak bold, italic, dan underline .
  3. Keyword utama pada paragraf pertama artikel (versi yoast).
  4. Tiap sub heading harus ada keyword .
  5. Memiliki kepadatan keyword sekian persen (versi yoast) .

Lupakan itu semua , karena kebanyakan keyword atau kata kunci justru akan membuat pembaca bingung dan tidak mau berlama lama di blog agan agan .

Berikut ialah pedoman langsung dari sang empunya

Atau jika masih bingung anda dapat meluncur ke tkp secara langsung yaitu di : support.google.com .

Kuncinya ialah buat pengunjung / visitor blog merasa nyaman dan betah berlama-lama membasa satu atau dua artikel agan.

ARTIKEL yang bagus dan tentunya human-friendly akan dibaca lebih lama jika dibandingkan dengan ARTIKEL yang hanya mengandung kata kunci atau membolak balikkan sebuah kalimat .

Misalnya seperti ini ,

Andi sedang membaca buku, buku yang dibaca andi berjudul bla bla ,andi membeli buku tersebut di toko buku langganan andi yang menjual buku buku dengan harga murah dibandingkan dengan toko buku lain .

Bagaimana ? Apakah anda menyukai ARTIKEL tersebut ? Tentu saja sebagian besar akan bingung karena terlalu banyak kata “buku” dan “andi” .

Postingan Tersebut tentu akan menjadi lebih mudah dipahami jika ditulis dengan cara sederhana dan memiliki lebih banyak variasi kata seperti berikut ini :

Andi sedang membaca buku berjudul bla bla yang ia beli ditoko langganannya karena harga disana lebih murah dibandingkan dengan toko lain .

Bagaimana ? Anda sebagai pembaca tentu saja dapat membedakan mana ARTIKEL berkualitas dan mana yang hanya ditulis asal-asalan .

Kalau saya pribadi sih lebih cenderung memilih yang bawah karena mengandung lebih banyak variasi kata dan lebih mudah dipahami .

Begitupun dengan mesin pencari google akan lebih memilih ARTIKEL kedua . Tapi tergantung pada situs web / blog yang menulisnya juga sih sebenarnya ,jika ARTIKEL pertama ditulis oleh wikipedia maka besar kemungkinan akan berada dihalaman pertama dan menempati ranking 1.

Lho kok bisa ? Tidak adil dong namanya . Iya hal tersebut bisa saja terjadi karena sebelumnya wikipedia telah dipercayai oleh google dan dapat dibuktikan dengan tingginya domain authority maupun page authority nya .

Lihatlah screenshot saya berikut untuk membuktikannya :

cara membuat artikel blog
domain authority wikipedia

Domain authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan dari sebuah situs atau website berdasarkan rujukan yang berasal dari mesin pencari dan pengguna, seperti yang telah dikembangkan oleh Moz, domain authority adalah sebuah faktor penting yang mempengaruhi trafik dan ranking dari sebuah website, karena domain authority adalah acuan atau barometer dari tingkat kepercayaan situs itu sendiri.
sumber : dewaweb.com .

Untuk domain authority sendiri saya akan sedikit membahasnya pada bagian bawah artikel ini jadi stop sampai disini dulu ya , haha . 

2. Buat judul semenarik mungkin

Judul ialah salah satu faktor utama mengapa pengunjung mau membaca artikel agan karena ketika melakukan pencarian pasti hal pertama yang akan mereka jumpai / lihat ialah judul .

Saya sendiri juga begitu, saya cenderung akan lebih memilih ARTIKEL yang memiliki judul menarik daripada yang ditulis dengan cara sederhana dan asal asalan. .

Sebagus dan se-SEO apapun ARTIKEL yang anda buat itu semua tidak akan berarti kalau tidak ada yang mau membacanya.

Semua berawal dari judul , perhatikan scrennshoot saya berikut ini :

Cara menulis artikel
Contoh artikel saya yang masuk page 1 dengan kata kunci “template amp gratis”

Anda lihatkan ? Walaupun ARTIKEL saya berada dihalaman pertama akan tetapi bahkan tidak ada satupun yang mau untuk sekedar berkunjung dan melihat isi didalamnya . Hal tersebut sangat wajar karena pada artikel tersebut saya menggunakan judul asal-asalan dan tidak menarik sama sekali .

Beda lagi dengan yang berada diatas ataupun dibawahnya , saya yakin postingan tersebut akan lebih banyak mendapatkan pengunjung daripada yang saya tulis karena judulnya yang jauh lebih menarik dan menggoda .

Artikel Terkait ➡  6 Cara Mengatasi INSTAGRAM TIDAK BISA DIBUKA error hari ini 2018

Contoh lainnya ialah seperti ini , bedakan antara :

  1. Cara membuka usaha
  2. Tips membuka bisnis bagi pemula agar sukses

Bagaimana ARTIKEL manakah yang akan anda pilih ? Jika saya maka akan lebih memilih nomor empat karena dilihat dari judulnya saja sudah menggoda saya untuk membacanya .

Pada judul tersebut dijelaskan bahwa ARTIKEL itu ditujukan bagj mereka yang baru saja belajar mengenai cara membuka bisnis sampai menjadi orang sukses .

Namun kita tidak tahu apakah didalamnya sesuai dengan judul ataukan hanya sebagai pengecoh , haha .

Sedangkan pada ARTIKEL pertama hanya bertuliskan “cara membuka bisnis” , calon pengunjung akan berpikir bahwa didalamnya hanya terdapat caranya saja tanpa ada penjelasan lebih lanjut. cara menulis artikel

Hal ini tentu saja sangat merugikan pemilik artikel pertama karena pada kenyataamnya postingan tersebut membahas secara lengkap dan rinci mengenai tata cara membuka bisnis sekaligus tips dan triknya .

Namun saya mohon kepada agan agan blogger sekalian yang membaca artikel ini agar tidak menggunakan judul untuk menipu / mengecoh pengunjung, akan lebih baik lagi jika judul sesuai dengan isi didalamnya .

Juga jangan terlalu panjang apabila memberikan judul pada artikel karena hal tersebut hanya akan membuat mesin pencari bingung dengan inti postingan yang anda buat . Sebaiknya hanya tulis poin poin penting saja ketika membuat judul.

3. Gunakan heading yang tepat

Selanjutnya dalam pembahasan berjudul cara menulis artikel blog agar berada di halaman pertama google ialah mengenai penggunaan sub heading .

Sudah tahukan apa yang dimaksud dengan heading ? Pastinya tahu dong , jika belum saya akan menjelaskannya sedikit .

Heading adalah perlengkapan SEO sederhana yang berfungsi untuk menyusun level-level heading dan subheading pada website. Header mempunyai tingkatan yang ada 6 dan dimulai dari H1 hingga H6. H1 yaitu header yang paling besar dan yakni H6 header yang paling kecil.

Sumber : kupastuntasseo .

Biasanya artikel yang baik dan berkualitas hanya akan menggunakan satu buah “H1” atau “header 1” yaitu terletak pada judul postingan . cara menulis artikel

Sedangkan pada header 2″H2″ dan header 3″H3″nya dapat disesuaikan dengan jenis artikel yang kalian tulis, ada yang membuat lebih dari 5 H2 pada sebuah artikel dan ada pula yang hanya meletakkan 1 buah H2 pada suatu postingan .

Semua itu tergantung jenis artikel apa yang anda tulis .

Namun sebaiknya jangan menggunakan h2 lebih dari 3 kali karena biasanya format h2 pada suatu template blog ditulis dengan huruf tebal dan juga besar yang akan membuat pembaca merasa kurang nyaman .

Ada yang berpendapat bahwa dengan meletakkan kata kunci / keyword pada setiap sub heading akan membuat artikel blog anda lebih berkualitas, namun pada kenyataannya hal tersebut justru akan membuatnya terlihat lebih buruk.

Google dan pembaca tahu mana artikel berkualitas dan mana yang bukan jadi percuma juga anada mengejar target kata kunci sekian persen jika tulisan didalamnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan .

4. Jangan menggunakan font alay

Pastinya kalian sudah tahu dong mengenai font alay ? Iya font alay yang saya maksud disini ialah jenis tulisan yang sulit dibaca , jangankan untuk membaca melihatnya saja saya sudah eneg . cara menulis artikel

Coba perhatikan screenshot artikel berikut :

cara membuat artikel blog yang baik dan benar
Contoh font berantakan

Sebagus dan sekeren apapun artikel blog agan agan , para pengunjung tidak akan mau membacanga apabila jenis tulisannya amburadul .

Sebaiknya gunakanlah jenis font yang umum dipakai oleh kebanyakan blogger dan media baca lain seperti :

  • “PT SERIF” yang dipakai oleh blognya mas sugeng (sugeng.id) dan beberapa blog terkenal lain.
  • “TIMES NEW ROMAN” yang sudah merajai font diseluruh dunia baik majalah, buku, dan bahkan microsoft word pun secara default menggunakan font ini.

Percuma juga kan kalau kalian sudah capek capek membuat artikel dengan panjang sekian kilometer, hehe namun malahan tidak ada yang mau membaca hanya karena tulisan didalamnya seperti ceker ayam .

Jrnis font nyentrik seperti diatas sangat tidak cocok dipasang di blog yang membahas mengenai topik topik berita, personal, pendidikan dan masih banyak lagi karena pada umumnya artikel yang berada didalam blog tersebut memiliki banyak kata.

Namun akan lain ceritanya kalau blog yang agan miliki membahas seputar desain , seni maupun kaligrafi . Karena blog tersebut kebanyakan akan lebh menonjolkan gambar daripada tulisan .

Sesuaikan juga besar kecilnya tulisan didalam artikel tersebut agar para pengunjung / pembaca tidak bingung . cara menulis artikel

Tulisan yang terlalu kecil akan membuat anda sulit membacanya, dan bahkan saya lernah menemui slaah satu blog yang tulisannya terlalu kecil bahkan sampai saya sangat kesulitan hanya untuk sekedar membacanya.

Ingat juga bahwa yang menjadi pengunjung blog agan agan disini bukan hanya anak muda yang masih waras matanya namun juga sedikit banyak akan ada orang tua diatas 40an yang penglihatannya sedikit kabur dan sulit melihat tulisan.

Apalagi kalau blog agan agan disini membahas seputar kesehatan , maka sudah pasti akan ada banyak orang tua yang berkunjung kesana .

Hal tersebut bukan membuat mereka senang , justru malahan mereka akan merasa tersiksa dengan apa yang dilihatnya .

Sesuaikan juga ketebalan tulisan dengan background yang digunakan karena semua jenis font memiliki tingkat kecerahan tersendiri.

Jangan terlalu gelap juga jangan terlalu terang , yang sedang sedang saja .

Background hitam akan cocok jika diberikan warna tulisan putih , begitu pula sebaliknya backgroun atau latar belakang putih akan sangat cocok jika font didalamnya berwarna sedikit kehitaman , seperti punya saya ini haha.

5. Artikel panjang lebih seo , benarkah hal tersebut ?

Memang sih pada umumnya yang nangkring dihalaman pertama dan menempati ranking satu tiap mesin pencari ialah artikel yang memiliki jumlah kata 2000+ .

Hal tersebut bisa dibilang fakta namun tidak sedikit pula artikel dengan jumlah kata 500an yang berada dihalaman pertama google .

Contohnya ialah postingan saya berikut ini :

7 kriteria memilih pekerjaan yang tepat

Artikel tersebut zaya buat sewaktu masih berada di platform blogger milik mbah google dan masih sangat baru sekali dalam dunia blogging .

Namun saya heran mengapa ia dapat berada dalam halaman pertama untuk beberapa kata kunci seperti “kriteria memilih pekerjaan” dan “Tips memilih pekerjaan yang tepat” walaupun hanya terdiri dari 550 kata .

Mirisnya ialah bahwa meskipun berada pada halaman pertama mesin pencari dan peringkat 2 maupun 3 dari atas , TIDAK ADA yang mau membacanya sama sekali kecuali saya . Miris banget broooo (edisi curhat)

Dalam suatu penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan yang menempati ranking satu serp ialah artikel dengan 2500 kata atau lebih , hal ini mungkin terjadi karena google dan search engine lain menganggap bahwa artikel tersebut tidak hanya menyebutkan tapi juga menjelaskan secara rinci apa saja pokok-pokok pembicaraan didalamnya . cara menulis artikel

Artikel Terkait ➡  Layanan Google Play Terhenti ? Ini 3 penyebab 6 cara mengatasi

Jika anda masih belum mengerti, coba perhatikan kedua artikel berikut ,
Artikel 1 dengan judul cara ternak bebek :

  1. Panjang 500 kata
  2. hanya menyebutkan poin pointnya saja
  3. Tidak diberi penjelasan lebih lanjut mengenai cara merawat dan membudidayakannya

Artikel 2 dengan judul sama yaitu cara ternak bebek :

  1. Panjang 2000+ kata
  2. Dijelaskan secara rinci tata caranya
  3. Diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai jenis penyakit, cara membuat kandangnya, kelebihan dan kekurangan dan lain sebagainya .

Jika anda disuruh untuk memilih diantara kedua artikel diatas , kira-kira manakah yang lebih dulu akan anda buka dan baca ?

Orang normal pasti akan lebih mrmilih artikel nomor 2 karena disana dijelaskan secara rinci mengenai tata cara dan bahkan sampai penyakit dan kandangnyapun dibahas.

Begitu pula dengan google ,ia tahu dan tentu saja pada artikel nomoq 2 akan ditempatkan pada ranking satu sedangkan artikel pertama besar kemungkinan hanya akan menempati halaman 4 sampai terakhir karena isinya yang tidak lengkap.

Namun hal tersebut juga bergantung pada persaingan kata kunci yang dituju, mau tau lebih lanjut mengenai cara mencari kata kunci yang tepat agar mampu bersaing di page one google ? Baca dibawah sini :

6. Pilih kata kunci yang tepat

Kata kunci atau dalam istilah bahasa inggisnya disebut dengan keyword merupakan salah satu hal pokok atau utama jika suatu artikel ataupun postingan ingin berada di halaman pertama mbah google .

Jika anda baru saja memulai menjadi seorang blogger sebaiknya jangan langsung serta merta memilih kata kunci dengan persaingan tinggi , pilihlah kata kunci dengan penelusuran bulanan sekitar 10 sampai dengan 100 karena biasanya pada kata kunci tersebut masih sedikit saingannya.

Berbeda lagi jika anda memilih keyword dengan penelusuran bulanan lebih dari 1000 atau bahkan melebihi 100 ribu perbulannya , maka sudah dipastikan bahwa persaingan untuk merebut peringkat pertama di search engine seperti google akan sangat sulit.

Lalu bagaimana cara agar dapat mengetahui berapa kali dalam sebulan sebuah kata kunci di cari ? Ada satu cara mudah dalam melakukannya yaitu dengan menggunakan “adwords” . cara menulis artikel

Adwords ialah sebuah produk dari google sendiri yang ditujukan khusus bagi mereka yang ingin memasang iklan di suatu halaman pencarian google.

Disana kita dapat mengetahui berapa kali dalam sebulan sebuah kata kunci atau keyword ditelusuri dan juga anda dapat mengiklankan artikel disana agar dapat memiliki lebih banyak pembaca.

Disana juga terdapat sebuah tools atau alat untuk melihat tingkat persaingan keyword , namun harus anda ingat disini ialah bahwa tingkat persaingan yang dimaksud ialah persaingan para pengiklan .Bukan persaingan dalam kata kunci untuk menulis artikel .

Dan walaupun diluar sana terdapat banyak tools yang dapat memperkirakan tingkat persaingan kata kunci dalam sebuah artikel, menurut saya hal tersebut tidaklah akurat karena algoritma sebuah mesin pencari sendiri tidak bisa diprediksi dan SEO BUKANLAH ILMU PASTI.

Sebaiknya fokuskan juga pada keyword dengan lebih banyak variasi kata seperti 4 atau lima buah kata untuk menggunakan keyword karena biasanya akan lebih mudah persaingannya daripada keyword dengan hanya 2 atau 3 buah kata kunci didalamnya.

Contohnya ialah seperti ini :

  1. Cara mengatasi sayangnya facebook telah berhenti
  2. Cara mengatasi facebook tidak bisa dibuka

Kedua kata kunci diatas memiliki lebih dari 5 kata yang tentunya akan lebih mudah juga dalam menjajaki peringkat pertama di mesin pencari.

Dan hebatnya lagi kata kunci diatas juga dapat langsung dijadikan judul suatu artikel mengingat banyaknya kata yang terkandung didalamnya .

Juga pastinya akan ada banyak orang yang akan mencarinya mengingat facebook merupakan salah satu social media dengan pengguna terbanyak didunia saat ini, dan didalamnya sudah pasti akan terdapat beberapa ug atau masalah sistem

Jika para pengguna awam menemui “bug” tersebut , maka sudah pasti mereka akan mencari tau mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya .

Ada yang memilih bertanya di suatu forum atau grup , dan tidak sedikit pula yang mencarinya lewat search engine atau mesin pencari karena biasanya jika bertanya di grup maupun forum mereka tidak langsung menjawabnya dengan benar akan tetapi malah membulinya terlebih dahulu .

Apalagi jika pertanyaan yang diajukan sudah sering kali ditanyakan di grup tersebut maka kira2 mereka akan menjawabmya seperti ini “pertanyaan legend” atau bahkan ada juga yang menjawab dengan ngelantur dan tidak sesuai dengan aoa yang ditanyakan .

Oke stop dulu ngelanturnya, jika anda bertanya dimana tempat paling baik untuk meletakkan kata kunci ? saya akan menjawabnya pada “Judul” .

Mengapa judul ? Karwna ia merupakan salah satu bagian utama pada setiap artikel dan ketika pertama kali melakukan pencarian sudah pasti yang akan anda temui dan baca terlebih dahulu ialah judulnya. cara menulis artikel

Letakkanlah juga kata kunci pada heading seperti “H2” maupun “H3” pada artikel blog anda agar dapat lebih menunjang ke-SEO-an artikel atau postingan tersebut (katanya).

Lho. . kok katanya sih ? iya karena saya juga ragu akan hal tersebut dimana ada sebagian orang yang menganggap kalau meletakkan kata kunci pada setiap heading maka artikelnya akan menjadi lebih seo .

Contohnya ialah postingan saya berikut ini :

cara menulis artikel blog yang baik dan benar
Contoh artikel saya yang masuk page 1

ARTIKEL PEMANASAN GLOBAL SINGKAT DAN LENGKAP “RINCI”

Tulisan saya tersebut Alhamdulillah dapat menempati peringkat 3 atau 4 dan terkadang 5 pada penelusuran dengan kata kunci “ARTIKEL PEMANASAN GLOBAL” dengan volume pencarian lebih dari 2000 perbulan .

Namun jika saya mengubah kata kuncinya menjadi “Artikel pemanasan global singkat” maka postingan tersebut akan langsung naik ke peringkat 1 halaman pertama di google (sekalian promosi) haha.

Dan ini yang membuat saya mengatakan kalau saya ragu akan peletakan kata kunci disetiap heading akan menjadikan artikel lebih seo , Faktanya ialah bahwa saya hanya meletakkan keyword satu kali yaitu pada “H3” .

Gak percaya ? liat aja sendiri dengan melakukan inspect element disana .

Namun dibalik itu saya menghabiskan sekitar seminggu lebih hanya untuk membuat sebiji artikel itu , dan Alhamdulillah ternyata benar kata orang bahwa

Hasil tidak akan menghianati kerja keras

Atau apapunlah peribahasanya , soalnya saya tidak terlalu pandai dalam hal tersebut.

Oh iya , banyak orang berpendapat bahwa kalian juga harus meletakkan LSI keyword atau kata kunci terkait pada setiap artikel yang dibuat. Namun sebaiknya jika kalian memang belum terlalu pandai dalam menulis artikel fokuskan saja pada “satu kata kunci” atau 1 keyword sahaja. cara menulis artikel

Karena jika mengejar 1 kata kunci saja sudah ngos-ngosan apalagi jika ada banyak , yang ada malahan anda akan mati mendadak karena tidak ada satupun artikel di halaman pertama google.

Artikel Terkait ➡  4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Komentar dan Posting di Grup Facebook

7. Domain dan Page Authority

Walaupun sudah sempat saya bahas sebelumnya diatas namun kali ini kreativitas akan menjelaskannya lagi secara keseluruhan mengenai domain dan page authority .

Menurut saya domain authority memiliki fungsi sama sepwrti sebuah “kepercayaan” , dimana jika anda sudah percaya kepada seseorang maka sudah pasti anda akan lebih memprioritaskannya daripasa orang lain yang baru saja anda kenal (blog baru).

Begitu pula dengan google dan semua search engine akan lebih memprioritaskan artikel yang dibuat oleh blog maupun website dengan domain authority tinggi seperti wikipedia misalnya.

Jika kalian mencari suatu pengertian ataupun hal lain dengan hanya 1 buah kata kunci maka bisa saya pastikan website wikipedia akan nangkring dihalaman paling atas. cara menulis artikel

Contohnya ialah : Makan, Minum, Tidur dan lain sebagainya .

Lalu bagaimana cara meningkatkan domain authority agar blog kuta dapat bersaing di halaman pertama mesin pencari ?

Walaupun bukan patokan utama , akan tetapi ia merupakan salah satu hal yang patut anda perhatikan apalagi jika kalian serius dan ingin terus berkarya didunia blogging.

Oke , berikut ialah beberapa cara meningkatkan domain authority : TIDAK ADA .

Lho,,, kok tidak ada sih ? Jangan main main dong , tenang fans . Saya akan menjelaskan mengapa saya mengatakan bahwa tidak ada cara untuk meningkatkan domain authority , padahal di blog lain ada banyak sekali cara maupun tips dan triknya.

Seperti yang sudah anda ketahui sebelumnya bahwa domain authority ialah sebuah alat ukur kepercayaan google kepada blog kita , Jadi sebanyak apapun cara yang diedarkan diluar sana sebenarnya tidak akan berpengaruh (menurut saya) jika blog maupun artikel yang anda buat tidak memiliki makna dan manfaat bagi orang lain.

Apalagi jika artikel didalamnya merupakan hasil copas”copy paste” , maka bukannya naik malahan justru blog anda akan dilaporkan ke DMCA .

Juga saran dari saya jangan lernah sekali kali membuat artikel dengan unsur kebohongan .

Jika anda masih ngotot ingin mengetahui bagaimana cara meningkatkan domain authority , kuncinya hanyalah perbaiki kualitas SEO on maupun off page dalam blog kalian .

Apakah ada cara lain ? Jangan tanya lagi bro karena punya saya saja baru ada “6” , nyesek pokoknyalah . 

8. Bingung nyari ide ? Revisi artikel lama aja

Hal ini juga sudah sering saya lakukan , iya dengan merevisi atau memperbaiki kualitas artikel lama di blog , maka besar kemungkinan peringkatnya juga akan naik .

Misalkan seperti ini , postingan anda dulunya hanya mampu berada dihalaman ke dua atau bahkan ketiga untuk kata kunci tertentu , nah setelah melakukan revisi ternyata posisinya krmudian melunjak naik ke halaman pertama(rejeki anak rajin).

Mungkin dengan menambahkan beberapa gambar disertai tag “ALT” yang tepat dan merubah beberapa susunan kalimat maupun kata didalamnya menjadi lebih baik dan SEO tentunya. cara menulis artikel

Jika perlu lakukan juga beberapa perubahan kecil pada artikel yang telah berhasil menempati ranking 1 agar posisinya tidak tergeser oleh artikel baru dari blog lain nantinya.

Semua blogger populer dan terkenal juga seringkali menggunakan cara ini agar artikelnya tetap dapat nangkring di halaman pertama dan mendapatkan lebih banyak pembaca.

Contohnya ialah mas DARMAWAN”Panduanim” , saya pernah membaca salah satu artikel beliau dan terdapat salah satu fokus kata yang menuliskan bahwa dia juga seringkali melakukan update terhadap artikel lama agar dapat memperbaiki posisi di search engine dan lebih enak dibaca.

Tapi saya lupa artikel yang mana

Daripada membuang-buang waktu untuk mencari ide postingan baru lebih baik anda juga menggunakan cara revisi artikel ini karena anda dapat membaca dan menelitinya terlebih dahulu dibagian mana saja yang harus dirubah dan bagian mana yang masih terlihat bagus.

Mencari ide tentunya lebih sulit jika dibandingkan dengan hanya mengubah beberapa kata dalam suatu artikel blog kita , karena pikiran kita tidak selalu terbuka setiap saat .

Ada kalanya seorang penulis ataupun blogger jenuh terhadap apa yang dikerjakannya sehingga membuat mereka malas dan bahkan tidak bisa membuat satupun ide postingan dalam waktu beberapa bulan .

Nah daripada anda hanya terfokus untuk membuat artikel baru , lebih baik jika kalian m3lakukan cara ini .cara menulis artikel

Selain itu kalian juga dapat memilih mana saja artikel yang berpotensi untuk verada di halaman pertama dan mana yang hanya sebagai bahan pelebgkap suatu blog.

Jangan pernah membiarkan artikel yang memiliki potensi ini menganggur tanpa dibaca satupun orang , jika ada waktu sebaiknya luangkan beberapa menit untuk membaca artikel lama anda guna mengetahui letak kesalahan penulisan maupun kosa kata didalamnya.

9. Jadilah diri sendiri

Yang saya maksud dengan menjadi diri sendiri disini ialah jangan hanya mengikuti dari “katanya” atau jangan membuat artikel hanya karena memiliki penelusuran bulanan tinggi dan CPC adsense yang tinggi pula.

Karena biasanya artikel dengan penelusuran bulanan tinggi juga akan memiliki sangat banyak saingan didalamnya. cara menulis artikel

Untuk masalah CPC google adzense itu juga tergantung dari jenis iklan apa yang tampil pada halaman blog, dan untuk masalah seperti itu anda tidak dapat mebgaturnya sesuka hati.

Karena itu semua merupakan kebijakan dari pihak pengiklan dan adsense sendiri.

Jangan hanya mengejar target pendapatan dari menulis , tapi Tulislah apa yang kalian ingin tulis dari hati dan dipiran kalian agar tidak merasa terbebani karenanya.

Menjadikan nge-blog sebagai hobi dan kesenangan akan lebih memudahkan anda dalam mengelolanya sekaligus menjadikan pikiran lebih terbuka dalam menulis mauoun membuat artikel baru. cara menulis artikel

Misalkan anda memiliki kesenangan terhadap “burung” , tapi hanya karena melihat bahwa blog dengan niche teknologi memiliki peluang dan CPC lebih besar , lantas anda membuat blog teknologi juga.

JANGAN SEPERTI ITU karena jika anda benar benar membuat blog niche teknologi tapi passion lebih mengarah kepada burung , yang ada malahan anda tidak akan fokus dan blog tersebut tidak akan bertahan lama.

Dan membuat artikel pun rasanya malas karena anda hanya mengharapkan CPC tinggi namun jangankan penghasilan , untuk mendapatkan pengunjung pun rasanya sulit dilakukan jika seperti itu.

Banyak juga blog bagi pecinta burung yang sukses , contohnya ialah OMKICAU.COM .

Penutup

Sebagai blogger pemula memanglah sangat sulit sekali untuk dapat bersaing dan menempati page 1 pada setiap search engine namun hal tersebut bukanlah seatu halangan jika anda memang benar benar serius menekuni dunia blogging.

Pesan saya sebagai sesama penulis blog ialah jangn sampi ragu dan bahkan keder karena dunia blogging ini sejatinya selalu berkembang setiap waktu dan jumlah blogger pun selalu bertambah setiap detiknya .

Jadi jika anda ingin terus berkarya jangan lupakan tentang Kreativitas dan inovasi juga tujuan utama menjadi blogger anda sendiri.

Cara menulis artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here