Dampak efek rumah kaca – Efek rumah kaca merupakan salah satu ancaman terbesar yang tengah dialami bumi beserta seluruh kehidupan didalamnya baik dari manusia, hewan dan bahkan tanaman yang tidak bisa bergerakpun akan ikut meradakan akibat atau dampak yang ditimbulkan oleh efek rumah kaca ini.

Oleh karena itu diperlukan kesadaran dari semua pihak baik pemerintah maupun warga masyarakat untuk membuat upaya menanggulangi dampak efek rumah kaca, karena jika tidak maka keadaan bumi akan semakin parah dimana suhu semakin meningkat tinggi yang akan mengakibatkan munculnya berbagai ancaman yang belum pernah terfikirkan sebelumnya menjadi nyata.

Efek rumah kaca ialah suatu proses meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) di atmosfer bumi sehingga akan mengakibatkan panas matahai yang seharusnya dipantulkan kembali ke luar angkasa kembali lagi ke permukaan bumi akibat terlalu banyak gas co2 dan juga metana yang menghalangi.

Hal ini juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya pemanasan global dimana bukan hanya memantulkan panas saja namun suhu bumi akan semakin meningkat dan dapat mengakibatkan berbagai ancaman yang belum pernah terfikirkan sebelumnya.

Mau tahu apa saja dampak dari efek rumah kaca tersebut ? Mau tau aja atau mau tahu banget nih. . . Haha , simak dibawah karena pada artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa saja dampak atau akibat yang ditumbulkan oleh efek rumah kaca bagi kehidupan dibumi maupun lingkungan.

1. Dampak efek rumah kaca terhadap lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu aspek yang paling banyak menerima dampak efek rumah kaca maupun pemanasan gpobal karena lingkungan merupakan wilayah bumi itu sendiri dari hutan, sawah sampai pegunungan dan juga lautan akan ikut merasakan dampak dari efek rumah kaca ini jika tidak swgera ditanggulangi.

A. Mencairnya es di kutub

Dampak efek rumah kaca
Dampak efek rumah kaca

Dampak pertama yang akan saya bahas disini ialah tentang mencairnya es yang berada di wilayah kutub bumi, baik dari kutub selatan maupun utara semua akan mengalami pencairan sepenuhnya jika efek rumah kaca ini tidak segera dihentikan.

Seperti yang telah kalian ketahui bahwa belahan bumi kutub merupakan satu satunya daerah yang tidak dilalui oleh matahari yang artinya pada wilayah tersebut tidak pernah mendapatkan panas sedikitpun yang menjadikan suhu disana berada dibawah 0°c atau membeku.

Dan dengan bdgitu maka dapat dipastikan bahwa disana hanya terdapat sedikit kehidupan karena tidak semua dapat tahan dengan suhu dingin tersebut dan juga jika kalian pernah mencari tahu tentang kondisi kutub di suatu artikel ataupun internet, maka saya yakin gambaran disana hanyalah berupa salju putih.

Artikel Terkait :  6 Contoh efek rumah kaca dalam kehidupan sehari hari

Anda pasti sudah dapat membayangkan sendiri kan betapa melimpahnya es disana ? Dan apa yang akan terjadi ketika semua pulau es tersebut mencair ? Banjir, bukan hanya itu saja tapi juga daoat menenggelamkan seluruh isi bumi.

Contohnya ialah seperti ini : ketika kalian meletakkan esbatu atau es krim ditengah jalan dan kebetulan kondisi dlsaat itu sedang panas maka tidak lama kemudian tentu eskrim tersebut akan mencair dan menjadi air.

Itu hanya es krim saja tapi yang kita bicarakan disini ialah pulau es dimana jika semua itu mencair maka tentu beberapa pulau dan bahkan bumi itu sendiri dapat tenggelam oleh air.

Dampak efek rumah kaca

B. Kebakaran hutan

Jika suhu dibumi semakin memanas maka tentu beberapa tempat yang tidak memiliki sumber air akan mengalami panas berlebihan yang jika dibiarkan terus menerus maka dapat mengakibatkan kebakaran dimana mana.

Banyak orang bilang bahwa hutan merupakan paru-paru bagi bumi dimana disinilah tempat oksigen dibentuk dan pohon merupakan salah satu cara untuk menetralisir gas rumah kaca yaitu Co2.

Hal ini seperti hukum karma dimana pada awalnya kalian menggunduli hutan untuk kepentingan pribadi lalu kemudian muncullah fenomena efek rumah kaca yang berdampak pada kebakaran hutan sebagai tempat tinggal utama bagi pohon.

Dampak efek rumah kaca

C. Polusi udara

Dampak efek rumah kaca
Dampak efek rumah kaca

Dampak lanjutan yang akan terjadi apabila kebakaran hutan terjadi dimana mana tanpa adanya pencegahan dan juga upaya mengatasi dari pihak berwenang setempat ialah terjadinya polusi atau pencemaran udara.

Polusi udara ini akan terjadi akibat asap yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan, kasus ini sebenarnya mirip ketika kalian melakukan pembakaran sampah hanya saja kali ini bukan hanya sekantong plastik sampah saja namun seluruh isi hutan juga ikut terbakar.

Dengan begitu maka asap yang dihasilkan juga akan jaaaaaaauh lebih banyak daripada membakar sampah, asap tersebut ialah berupa gas co2 yang mana gas ini termasuk gas efek rumah kaca selain metana.

Itu artinya efek rumah kaca akan terus terjadi dan akan semakin sulit untuk diatasi karena karwna dampak efek rumah kaca juga menjadi penyebab semakin meningkatnya eek rumah kkaca dan begitu pula sebaliknya.

Artikel Terkait :  Macam macam limbah berdasarkan wujudnya dan sumbernya "9 jenis"

Dampak efek rumah kaca

D. Perubahan iklim dan cuaca

Dampak efek rumah kaca
Dampak efek rumah kaca

Akibat semakin meningkatnya suhu bumi maka pada daerah yang mulanya bersuhu dingin dan selalu tertutupi oleh salju lama kelamaan dalju tersebur akan mencair karena semakin panasnya suhu disekitarnya.

Begitu pula sebaliknya, pada wilayah yang awalnya selalu bersuhu panas seperti gurun sedikit banyak akan mengalami peningkatan curah hujan dimana dengan begitu maka akan semakin banyak kehidupan didalamnya.

Saya pernah membaca di suatu artikel tentang beberapa peneliti yang menemukan tumbuhan seperti lumut ada di wilayah gurun sahara, itu artinya masih ada harapan akan daerah tersebut menjadi subur kembali suatu hari nanti.

Dampak efek rumah kaca

E. Menjadikan orang malas keluar rumah

Ini merupakan hal yang paling umum dan lumrah terjadi dimanapun tempatnya, ketika cuaca panas biasanya orang orang akan lebih memilih berteduh dan tinggal dirumah daripada kelayapan kesana kesini tanpa tujuan yang jelas.

Itu hanya cuaca Panas biasa, tapi yang kita bicarakan disini ialah efek rumah kaca dimana hampir dinikmati oleh seluruh isi bumi. Dan bukan hanya 1 atau 2°c saja tapi bisa sampai berpuluh puluh °c jika tidak segera dihentikan.

Tapi kemungkinan besar yang paling malas keluar rumah lantaran panasnya cuaca ialah para kaum hawa karena biasanya mereka akan dengan segenap hati merawat kulit mereka agar tidak nampak hitam. Haha

Dampak efek rumah kaca

F. Berkurangnya sumber mata air

Dengan meningkatnya suhu rata rata dibumi maka sebagian besar sumber mata air akan lenyap, contohnya ialah seperti ketika kalian memasak air dan kalian biarkan begitu saja diatas kompor yang menyala maka lama kelamaan air tersebut akan menguap dan habis.

Begitu pula yang akan terjadi pada semua sumber mata air, ketika suhu udara disekitarnya berubah menjadi panas maka air disana juga akan ikut menguap dan habis.

G. Perubahan pola hidup binatang

Efek rumah kaca ternyata tidak hanya berdampak pada manusia ataupun lingkungan akan yetapi para hewan yang tidak bersalah pun juga akan ikut merasakan dampak efek rumah kaca ini.

Para binatang akan lebih memilih untuk melakukan migrasi ke tempat yang menurut mereka lebih layak dihuni ketimbang tempat tinggal mereka dulu karena disana baik sumber mata air maupun makanan telah menghilang karena pengaruh suhu yang semakin ganas.

Artikel Terkait :  MAKALAH PEMANASAN GLOBAL fisika beserta gambarnya lengkap

2. Dampak efek rumah kaca bagi pertanian

Pembahasan terakhir dalam artikel kali ini ialah mengenai apa saja dampak efek rumah kaca bagi pertanian, wilayah ini merupakan salah satu daerah yang paling penting bagi keberpangsungan hidup manusia karena dari sinilah sumber pangan diciptakan seperti padi, jagung, ketela dan lain sebagainya.

Lalu apa yang akan terjadi ketika Efek rumah kaca telah mempengaruhi atau sampai berdampak pada pertanian ? Berikut ialah beberapa dampak efek rumah kaca bagi wilayah pertanian yang dapat saya rangkum untuk kalian;

A. Menurunnya produksi

Akibat perubahan iklim dan cuaca yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya maka sebagian besar oetani akan kesulitan dalam menentukan tanaman apa yang seharusnya mereka tanam pada musim ini.

Ketika mereka menanam tanaman yang seharusnya ada pada musim hujan akan tetapi yang datang justru musim kemarau maka tentu mereka akan mengalami kerugian besar karena terjadi gagal panen.

Ada juga pihak pemerintah yang berusaha membuat hujan buatan untuk membantu para petani dalam merawat tanaman mereka lantaran kondisi disana terlalu panas dan terlalu kering untuk ditumbuhi tanaman.

Dampak efek rumah kaca

B. Tanah mengering

Dampak efek rumah kaca yang terakhir pada artikel kali ini ialah berakibat pada mengeringnya sebagian besar tanah yang semula subur karena semakin panasnya kondisi bumi saat ini.

Hal ini sebenarnya sangat mirip dengan kebakaran hutan yang telah saya bahas diatas hanya saja kali ini medianya ialah tanah bukan pohon.

Akibat semakin panasnya suhu udara maka sebagian besar sumber mata air akan menghilang, dan dengan menghilanhnya tersebut tentu pada beberapa daerah akan mengalami kekeringan yang luar biasa.

Hal ini juga akan terjadi pada lahan pertanian yang umumnya membutuhkan lebih banyak air dibandingkan dengan wilayah lain untuk merawat padi atau tanaman pertanian lain.

Dan tanah yang semakin mengering maka dapat dipastikan para petani akan kesulitan untuk menentukan tanaman apa yang bisa bertahan disana karwna tingginya suhu udara disana.

Sekian artikel mengenai Dampak Efek Rumah kaca kali ini, jika saya menemukan akibat atau dampak yang lain maka dengan segera artikel ini akan saya update dan jika ada pertanyaan maupun keluhan yang ingin disampaikan bisa ditulis melalui kolom komentar ya.

Terimakasih.

Dampak efek rumah kaca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here