10 DAMPAK PEMANASAN GLOBAL Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

0
335

Pemanasan global atau bisa disebut dengan global warming dalam istilah bahasa inggrisnya merupakan salah satu ancaman terbesar yang tengah dialami bumi beserta seluruh kehidupan didalamnya karena Dampak pemanasan global ini dapat terus dirasakan yaitu berupa hawa panas.

Hawa panas inilah yang kemudian akan menyebar ke seluruh penjuru bumi dan pada akhirnya akan mengakibatkan berbagai ancaman yang belum pernah terfikirkan sebelumnya baik bagi kesehatan manusia, lingkungan, tumbuhan, hewan dan juga bagi bumi itu sendiri.

Berikut akan saya sajikan beberapa dampak utama pemanasan global agar kalian sadar akan betapa bahayanya Global Warming ini dan lebih mencintai lingkungan sekitar serta tidak menambah buruk keadaan yang sudah terjadi;

A. Dampak Pemanasan global

Sebenarnya dampak utama pemanasan global (global warming) ini hanyalah satu yaitu meningkatnya suhu rata rata dibumi, adapun dampak dan akibat lain itu merupakan penjabaran atau efek samping dari peningkatan suhu tersebut. Mau tau apa saja ? Simak dibawah.

1. Es dikutub mencair

Dampak pemanasan global
Dampak pemanasan global

Ini dia salah satu dampak global warming yang akan menimbulkan banyak efek lanjutan yang tidak kalah hebat jika dibandingkan dengannya. Kalian tentu sudah tahu sendiri kan betapa melimpahnya es di belahan bumi kutub ? Bukan hanya satu atau dua balok saja namun disana secara keseluruhan wilayahnya terdiri dari es.

Sebab itulah banyak orang menyebutnya dengan benua es, jika bahkan hanya salah satu pulau es disana mencair maka dampaknya akan mrnaikkan permukaan air laut hingga beberapa milimeter hingga centi meter.

Walaupun hanya beberapa milimeter saja namun tentu saja kita tidak bisa menganggap remeh hal tersebut karena ini sudah terjadi dalam jangka waktu lama, dan jika dibiarkan terus seperti ini maka tidak menutup kemungkinan bahwa bumi akan tenggelam suatu hari nanti.

Bukan hanya itu saja namun akibat dampak efek pemanasan global ini juga akan dirasakan oleh semua makhluk hidup disana seperti beruang kutub dan penguin yang akan kehilangan tempat tinggal mereka.

Naasnya lagi ialah fakta bahwa kedua hewan tersebut hampir tidak bisa hidup di daerah bersuhu panas, data menunjukkan bahwa saat ini jumlah beruang kutub hanya sekitar 26ribu ekor saja, jumlah ini tentu saja akan terus menurun apabila pemanasan global tidak segera dihentikan dan menurut prediksi jumlahnya hanya akan tersisa 8600 saja dalam 30 sampai 40 tahun kedepan.

Dampak pemanasan global bagian dua

2. Menipisnya lapisan ozon

Dampak pemanasan global
Dampak pemanasan global

Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20−35 km di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon, dan ditemukan pada tahun 1913 oleh fisikawan Prancis Charles Fabry dan Henri Buisson. Lapisan ozon menyerap 97 sampai 99 persen frekuensi menengah sinar ultraviolet Matahari (panjang gelombang dari sekitar 200 nmhingga 315 nm), yang sebaliknya berpotensi merusak kehidupan yang terpapar di dekat permukaan.

Sumber : Wikipedia.org

Fungsi utama lapisan ozon ialah menjaga dan melindungi bumi dari berbagai ancaman yang datang dari luar angkasa seperti radiasi matahari, sinar ultra violet, menstabilkan suhu bumi, menjaga dari ancaman meteor dan benda langit lain agar tidak jatuh ke permukaan bumi dan lain sejenisnya.

Mengapa sinar ultra violet perlu dibatasi sehingga tidak langsung mengenai bumi ? Jawabannya ialah karena sinar ini memiliki sangat banyak dampak bagi kesehatan tubuh kita terutama bagian kulit, bahkan pada beberapa kasus sinar ultra violet ini dapat menyebabkan penyakit kanker.

Artikel Terkait ➡  Macam macam limbah berdasarkan wujudnya dan sumbernya "9 jenis"

Menurut NASA sendiri lapisan ozon setidaknya sekarang ini telah berlubang hingga 29juta km2, Faktanya ialah bahwa penyebab utama berlubangnya lapisan ozon ini berasal dari kegiatan sehari hari manusia yang seringkali tidak mereka sadari seperti menggunakan AC dan juga KULKAS.

Kedua barang tersebut menggunakan kadar CFC (chloro flouro carbon) dengan jumlah sangat besar karena sekarang ini hampir setiap rumah mempunyai ac dan kulkas, bahkan ada yang mempunyai lebih dari satu dalam satu rumah.

Dampak pemanasan global nomor tiga

3. Perubahan Iklim dan cuaca

Dampak pemanasan global
Dampak pemanasan global

Dengan suhu yang semakin meningkat tentu saja dampak yang akan ditimbulkan ialah pada pergantian cuaca maupun iklim yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya dan dapat berubah ubah sewaktu waktu.

Contohnya ialah di indonesia musim kemarau biasanya terjadi pada kisaran bulan oktober higga maret dan musim kemarau sendiri biasanya bulan april sampai september (wikipedia.org), namun akibat dampak pemanasan global yaitu meningkatnya suhu rata rata bumi maka pergantian musim ini menjadi tidak menentu dan tidak bisa diprediksi kapan datangnya.

Contoh pada daerah A yang seharusnya sekarang terjadi musim hujan namun yang datang justru malahan musim kemarau, hal ini tentu sangat berdampak terutama bagi para petani. Eits nanti dulu ya karena saya akan membahas dampak global warming dalam usaha pertanian pada bagian selanjutnya, jadi terus baca aja ya oke.

Perubahan iklim dan juga cuaca ini nantinya bahkan dapat melelehkan salju yang ada di pegunungan jayapura lhooo, gak percaya ? Tunggu aja beberapa tahun kedepan pasti akan ada berita semacam ini.

Dampak pemanasan global bagi para petani

4. Dampak terhadap pertanian

Dampak pemanasan global
Dampak pemanasan global

Panasnya cuaca sekarang ini sedikit banyak telah membuat tanah yang tadinya subur menjadi tandus kering, dan jika hal ini dibiarkan terus berlangsung maka tentu saja para petani akan kesulitan bahkan sampai mengalami gagal panen.

Contoh mudahnya ialah seperti ini, seharusnya musim di daerah A sekarang adalah musim penghujan namun karena efek pemanasan global ini akibatnya yang datang justru malahan musim kemarau .

Dari yang tadinya mereka berencana menanam tanaman khusus musim hujan atau membutuhkan banyak air namun karena yang datang justu musim kemarau, akhirnya mereka kebingungan mencari solusi masalah ini. Dan kemungkinan terburuknya ialah terjadinya gagal panen karena musim yang selalu berubah ubah setiap waktu.

Namun hal baik justru datang di daerah B dimana seharusnya sekarang ini ialah musim kemarau disana tapi yang datang malahan musim penghujan, mereka tentu akan senang mendengarnya karena para petani tidak akan lagi kesulitan mencari sumber air guna merawat tanaman mereka.

Di satu daerah musim penghujan jadi lebih lama tapi di daerah lain jadi lebih sibgkat daripada biasanya, begitu pula sebaliknya yaitu musim kemarau didaerah A jadi lebih panjang namun didaerah B jadi lebih singkat.

Dampak pemanasan global terhadap hewan / binatang

5. Perubahan pola hidup hewan

Dampak pemanasan global terhadap hewan
Dampak pemanasan global terhadap hewan

Walaupun penyebab utama terjadinya pemanasan glibal atau global warming ini ialah manusia namun hewan yang tidak bersalah juga akan ikut merasakan dampak yang ditimbulkannya yaitu dengan menghilangnya sumber mata air pada tempat tinggal mereka maka tentu para hewan akan kesulitan dalam mencari minum.

Artikel Terkait ➡  KLIPING PEMANASAN GLOBAL beserta gambarnya dan akibatnya untuk tugas sekolah

Akibatnya banyak diantara mereka yang memilih untuk melakukan migrasi ke tempat yang lebih layak untuk ditinggali, dengan begitu maka pada daerah tersebut akan terjadi pelonjakan ekosistem dimana banyak hewan baru bermigrasi kesana. Namun pada daerah mereka terdahulu akan menjadi lebih sepi karena para hewan disana sudah melakukan migrasi ke tempat lain.

Diantara sekian banyaknya hewan yang melakukan migrasi tersebut akan ada banyak yang tidak kuat dan tidak bisa sampai di tempat tujuan, dan akibatnya hewan yang tidak kuat tersebut akan tertinggal oleh kawanan mereka dan bahkan mati ditengah perjalanan.

Dampak pemanasan global

6. Dampak pada tanaman / tumbuhan

Dampak pemanasan global
Dampak pemanasan global

Sama halnya pada tanaman atau pepohonan yang pada daerahnya berubah menjadi kering dan tandus akan mati karena pada dasarnya tanaman memang tidak bisa bergerak dan memerlukan air untuk tumbuh dan berkembang, karena itulah mereka akan langsung merasakan dampak pemanasan global ini.

Tapi ada juga beberapa tanaman yang akan tumbuh di wilayah lain ksrena wilayah tersebut juga mengalami perubahan iklim dari panas menjadi subur, hal ini juga akan menjadikan ekosistem disana menjadi tidak stabil karena banyaknya hewan dan juga tumbuhan baru disana.

Dampak pemanasan global

7. Bencana alam dimana mana

Dampak pemanasan global
Dampak pemanasan global

Menurut perhitungan para ahli setidaknya lebih dari 6000 bencana telah muncul dalam 20 tahun terakhir, jumlah ini tentu akan terus meningkat setiap waktunya apabila pemanasan global tifak segera dihentikan.

Peningkatan aktivitas gempa bumi saat ini telah meningkat sebanyak lima kali lipat menurut seorang peneliti dari australia jika dibandingkan dengan 20 tahun yang telah berlalu. Mengapa busa meningkat ? Begini penjelasan sederhananya.

Dengan meningkatnya suhu rata rata dibumi maka secara tidak langsung perut bumi juga akan semakin panas yang akan mengakibatkan terjadinya oeningkatan aktivitas seismik, tektonik dan juga vulkanik. Itulah sebabnya mengapa belakangan ini gempa bumu dan gunung meletus sering terjadi.

Indonesia sendiri termasuk negra kepulauan dengan garis pantai sepanjang 95.181km yang menjadikan indonesia menjadi negara dengan garus pantai terpanjang nomor 4 didunia.

Dengan diampit oleh tiga lempeng tektonik besar yaitu indo-australia, eurasia, dan lempeng pasifik serta dilalui oleh dua jalur (sirkum) gunung berapi yaitu sirkum pasifik dan mediterania menjadikan indonesia sangat rawan akan bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus bahkan tsunami sekalipun.

Dampak pemanasan global

8. Manjadikan orang malas keluar

Biasanya ketika cuaca sedang panas maka hampir dapat dipastikan bahwa orng orang akan lebih memilih diam dirumah daripada harus keluyuran kesana kemari tanpa tujuan, itu hanya cuaca panas biasa dan bjasanya hanya terjadi di satu daerah saja tapi yang saya maksud disini ialah dampak pemanasan global.

Iya dampak utama pemanasan global ialah meningkatkan suhu rata rata di permukaan bumi yang artinya semua wilayah akan mengalami peningkatan suhu tak terkeculi wilayah kutub sekalipun yang tidak pernah dilalui oleh matahari.

Dengan panas yang terus meningkat maka secsr tidak langsung akan mebjadikan orang malas untuk keluar rumah dan tentu saja menjadikan hubungan diantara kara tetangga menjadi kurang akrab.

Artikel Terkait ➡  51 Gambar pencemaran udara beserta penjelasannya + dampak

Dan juga saya yakin bahwa yang paling malas keluar rumah ialah berasal dari kaum hawa (wanita) karena biasanya mereka suka merawat kulit agar tidak tampak kusam dan hitam, jadi daripada kelayapan dan panas panasan mending duduk manis dirumah aja. Mungkin itu yang ada di fikiran mereka.

Dampak pemanasan global

9. Banyak penyakit baru

Tahukah kamu bahwa nyamuk mengalami peningkatan pertumbuhan ketika berada dalam cuaca panas atau hangat, hal ini tentu saja juga akan membuat proses perkawinan mereka jauh lebih ceoat dan lebih banyak daripada hari biasa. Nah, dengan begitu maka penyebaran penyakit seperti demam berdarah dan malaria yang disebabkan oleh nyamuk akan jauh lebih cepat.

Bukan hanya itu saja namun akibat semakin rusaknya lapisan ozon sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik juga akan mengakibatkan sinar ultraviolet dan radiasi matahari dari matahari akan langsung jatuh kebumi tanpa disarung oleh lapisan ozon terlebih dahulu.

Seperti yang telah sedikit saya bahas diatas bahwa sinar ultraviolet sangat berpengaruh terhadap perkembangan penyakit oada manusia terutama di bagian kulit, dan bahkan ia juga dapat menyebabkan penyakit kanker jika dalam jumlah besar.

Dampak pemanasan global yang terakhir

10. Dampak ekonomi pemanasan global

Dampak pemanasan global terhadap kehidupan ekonomi
Dampak pemanasan global terhadap kehidupan ekonomi

Denagn terjadinya bencana alam dimana mana seperti banjir, gempa bumu dan tak lupa juga gunung meletus bahkan tsunami maka tentu saja akan ada banyak kerusakan dan kerugian yang dialami seperti hancurnya bngunan juga gedung disana.

Maka mau tidak mau masyarakat + pemerintah harus segera memperbaiki segala kerusakan yang ada dan tentunya diperlukan biaya yang sangat besar untuk membangun semua kembali seperti semula.

Mungkin juga dikarenakan hal ini banyak negara yang berhutang jepada negara lain hanya demi memperbaiki kerusakan tersebut, karena itulah jangan hanya bisa menyalahkan pemerintah saja tapi lihat juga bagaimana prosesnya terlebuh dahulu agar benar benar mengerti tanpa main hakim sendiri.

Setelah mengetahui apa saja dampak dan bagaimana kengerian dari pemanasan global ini saya harap kalian dapat sadar dan tidak lagi mengulangi kebiasaan buruk seperti membuang sampah sembarangan dan keluyuran kesana sini menggunakan kendaraan bermotor karena asapnya itulah yang nantinya akan memperparah pemanasan global ini.

Sebagai bonus karena saya orangnya baik hati ramah tamah rajin menabung dan tidak sombong haha, maka akan saya sajikan juga bagaimana cara mencegah atau setidaknya mengurangi dampak pemanasan global keadaan dibumi tidak swmakin menjadi.

B. Cara mencegah terjadinya pemanasan global

  1. Menanam pohon(reboisasi)
  2. Daur ulang
  3. Mengurangi aktivitas pembakaran
  4. Hemat energi
  5. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke kendaraan umum
  6. Energi alternatif
  7. Mengurangi penggunaan pupuk kimia pada lahan pertanian
  8. Hemat kertas
  9. Sadar akan bahayanya gas CFC

Sekian mengenai artikel bertema Dampak pemanasan global  kali ini, jika ada pertanyaan maupun keluhan yang ingin disampaikan mohon ditulis melalui kolom komentar ya.

Terimakasih

Dampak pemanasan global

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here