Pemanasan global atau global warming merupakan salah satu ancaman terbesar yang dialami bumi saat ini, bukan hanya bumi akan tetapi seluruh makhluk hidup mulai dari manusia, hewan bahkan sampai tumbuhan yang tidak bisa bergerak dan tidak ikut campur sama sekalpun akan ikut merasakan efek pemanasan global ini.

Untuk itulah diperlukan kesadaran dari semua pihak baik pemerintah maupun warga sipil (masyarakat) juga harus turut serta membantu dalam mengurangi efek pemanasan global dan ikut mensukseskan gerakan penghijauan agar bumi tidak lagi menderita karenanya.

Untuk itulah kali ini saya selaku admin yang baik hati ramah tamah reta rajin menabung, haha. Akan menyajikan pembahasan singkat mengenai apa saja akibat / efek pemanasan global baik yang telah terjadi maupun yang akan terjadi dimasa mendatang bagi seluruh kehidupan di bumi dan juga lingkungan disekitarnya.

Efek pemanasan global terhadap lingkungan + kehidupan

Sebenarnya ada baaaanyak sekali akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global ini, namun karena keterbatasan waktu maka saya hanya dapat menyajikan 10 diantaranya yang paling umum dan memiliki efek paling buruk, oke langsung saja simak dibawah :

Efek pemanasan global yang pertama

1. Mencairnya es di kutub

efek pemanasan global
efek pemanasan global

Dampak atau efek pemanasan global yang akan saya bahah pertama kali disini ialah mengenai mencairnya es yang berada di belahan  bumi kutub, baik selatan maupun kutub utara semua akan mencair jika pemanasan global ini tidak segera ditangani.

Kalian tentu tahu sendiri kan betapa melimpahnya jumlah es disana ? Jika semua bongkahan es tersebut mencir maka tentu akan meningkatkan volume air laut, dan hal tersebut tentu tidak bagus adanya karena walaupun hanya sedikit saja akan tetapi peningkatan volume air laut dapat mengakibatkan bencana dimana mana .

Eits, ditunda sampai disini dulu karena peningkatan air laut akan saya bahas lebih lanjut pada nomor dibawah, jadi mohon bersabar dulu ya.

Pemanasan global merupakan suatu peningkatan suhu rata-rata di bumi, dan karena panasnya itulah tentu saja es akan demgan mudah mencair. Contoh mudahnya ialah seperti ini :

Ketika kalian meletakkan sepotong es batu / eskrim di tengah jalan dan kebetulan cuacanya sedang panas, maka tentu saja eskrim atau es batu tersebut tidak lama kemudian akan mencair. Mungkin tidak akan jadi masalah jika hanya sepotong ez batu saja, akan tetapi yang kita bicarakan disini ialah kutub.

Seperti yang kalian ketahui bahwa pada dasaranya panas matahari tidak dapat melewati belahan bumi kutub, akan tetapi karena efek rumah kaca yang kembali memantulkan panas. Maka panas tersebut akan terus menyebar ke seluruh penjuru bumi termasuk daerah kutub.

Efek pemanasan global yang kedua

2. Menipisnya lapisan ozon

efek pemanasan global
efek pemanasan global

Ozon merupakan salah satu lapisan pada atmosfer bumi yang berfungsi sebagai pelindung bumi dari berbagai ancama yang datang dari luar angkasa seperti menyaring datangnya sinar ultra violet sehingga sinar tersebut tidak langsung mengenai bumi. Lapisan ozon berada pada ketinggian 19 – 48km dari permukaan bumi.

READ  9 Dampak efek rumah kaca terhadap lingkungan dan juga pertanian

Akibat dari efek pemanasan global yaitu meningkatkan suhu rata2 di bumi maka secara tidak langsung ia juga akan menimbulkan kerusakan pada lapisan ozon ini karena tidak kuat menahan beban terlalu banyak dan bahkan berlubang.

Jika lapisan ozon ini terus saja digerus dan semakin menipis maka tentu saja ia tidak lagi bisa menjalankan fungsi dengan semestinya yang secara tidak langsung akan berakibat pada munculnya berbagai macam penyakit baru sepeeti kanker kulit, katarak dan lain sebagainya.

efek pemanasan global bagian 3

3. Meningkatnya volume air laut

efek pemanasan global
efek pemanasan global

Efek lain yang akan ditimbulkan ketika pemanasan global ini tidak segera dihentikan ialah dengan meningkatnya jumlah volume air di laut akibat dari mencairnya es di kutub.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa jumlah es di belahan bumi kutub sangatlah banyak adanya dan jika semuanya mencair maka tentu saja jumlah volume air laut tidak dapat dikendalikan dan menyebabkan berbagai ancaman seperti banjir dan tenggelamnya beberapa pulau .

Setidaknya sekarang ini sudah ada 18 pulau yang tenggelam akibat pemanasan global , apa saja pulau pulau tersemut ? Simak dibawah :

  1. Lohachara yang berada di negara india dengan +-10ribu penduduk
  2. Setengah dari pulau bhola dinegara bangladesh terkena banjir permanent
  3. Teluk cheseapeake di maryland amerika serikat yang telah kehilangan sebanyak 13 pulau disekitarnya

Data didapat dari : pemanasanglobal.net
Dan masih banyak lagi jumlah pulau yang akan tenggelam akibat pemanasan global jika tidak sefera ditangani .

Ketika semua es dikutub telah mencair dan volume air laut telah meningkat menjadi semakin tinggi, maka tidak ada lagi hal yang dapat kita lakukan karena jika dalam menghadapi bencana banjir biasa saja sudah kewalahan, bagaimana mungkin manusia dapat menghentikan banjir yang terjadi di seluruh dunia.

efek pemanasan global bagian empat

4. Perubahan pola hidup binatang dan tumbuhan

Walqupun penyebab utama pemanasan global ialah manusia namun makhluk lain juga ikut merasakan akibat dan dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global, hal ini tentu saja tidak adil karena mereka sama sekali tidak tahu apa2 dan tidak ikut campur mengenai pemanasan global.

Ketika perubahan iklim telah terjadi dimana-mana maka para hewan akan bermigrasi ke tempat lain yang mereka anggap lebih layak dihuni karena pada tempat tinggal mereka dulu jumlahbpasokan pangan tidak lagi terpenuhi akibat semakin berkurangnya jumlah mata air.

Pemanasan global merupaakan suatu proses naiknya suhu rata-rata bumi dan karena hal tersebutlah air sungai maupun sumber mata air lainnya akan berkurang karena mengalami penguapan. Contohnya ialah seperti ini.

Ketika kalian memasak air dengan suhu tinggi dan dalam waktu lama maka tentu saja air disana semakin lama akan berkurang karena menguap dan jika dibiarkan terus berlanjut maka jumlah air akan lenyap.

Seperti itulah kira2 gambaran proses mebguapnya air di bumi akibat pemanasan global . Hal sama juga dirasakan oleh para tumbuhan, ketika ditempat mereka jumlah pasokan air twrus saja berkurang, mereka akan lebih memilih tumbuh di tempat lain.

READ  10 Contoh pemanasan global dalam kehidupan sehari hari di indonesia

efek pemanasan global nomor lima

5. Perubahan musim dan iklim

Akibat pemanasan global
Akibat pemanasan global

Dampak lain yang akan ditimbulkan oleh pemanasan global ialah terjadinya pergantian musim yang tidak dapat diperkirakan. Kadang2 hujan lalu berubah menjadi panas kembali dan begitu pula sebaliknya. Para ilmuan memprediksi bahwa jika pemanasan global terus saja terjadi, belahan bumi utara akan mengalami peningkatan suhu lebih tinggi dibandingkan dengan lain.

Pada daerah yang awalnya mengalami penurunan salju mungkin tidak dapat lagi merasakannya begitu pula dengan yang terjadi pada daerah yang semula panas kemungkinan besar akan mengalami penurunan suhu dan bisa saja disana salju dapat turun.

Di indonesia sendiri musim hujan pada umumnya terjadi diantara bulan oktober hingga maret dan musim kemarau pada kisaran bulan april hingga september (wikipedia.org). Namun akibat dari pemanasan global ini maka pergantian musim menjadi tidak menentu dan tidak dapat diprediksi kapan datangnya.

Efek pemanasan global bagi para petani

6. Menurunnya produksi pertanian

Akibat pemanasan global
Akibat pemanasan global

Dampak menurunnya produksi para petani ini juga tidak terlepas dari terjadinya perubahan iklim pada daerah tersebut karena pada dasarnya pertanian sangat bergantung pada musim.

Jika para petani tidak tahu akan datangnya musim hujan dan juga kemarau, mereka juga tidak tahu harus menanam apa nantinya. Bayangkan saja jika mereka menanam tanaman yang seharusnya memerlukan banyak persediaan air tapi yang datang justru musim kemarau diamana kekeringan biasa terjadi, maka tentu mereka akan mengalami kerugian besar bahkan gagal panen.

Namun pemanasan global juga tidak selalu berakibat buruk karena pada daerah lain akan terjadi musim hujan yang dapat membantu produksi pertanian.

Efek pemanasan global bgian tujuh

7. Penyakit baru

Akibat pemanasan global
Akibat pemanasan global

Pemanasan global secara tidak langsung juga dapat mengakibatkan munculnya beberapa penyakit barudan juga membantu tumbuh kembangnya penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria yang disebabkan oleh nyamuk.

Lho kok nyamuk ? Begini penjelasannya. Dengan meningkatnya suhu rata2 bumi maka nyamuk jugabakan menjadi lebih agresif dalam berkembang biak dan juga proses pertumbuhan nyamuk juga akan lebih cepat daripada biasanya.

Oleh karena itulah jika pemanasan global tidak segera diatasi maka jenis penyakit seperti demam berdarah akan menyebar dengan sangat cepat karena pemicunya yaitu nyamuk menjadi lebih banyak akibat peningkatan suhu di sekelilingnya.

Selain itu sedikitnya telah lahir 30 jenis penyakit baru yang diakibatkan oleh semakin parahnya pemanasan dari global 1976 hingga 2008.

Sumber : kompas.com

Selain demam berdarah dan malaria jenis penyakit yang muncul akibat pemanasan global pada umumnya ialah gangguan pada kulit dan mata karena semakin tinggunya suhu udara dan kebanyakan kulit manusia tidak dapat menahannya juga semakin parah dan rusaknya lapisan ozonlah yang menyebabkan ini semua.

efek pemanasan global nomor 8

8. Bencana alam

Akibat pemanasan global
Akibat pemanasan global

Perubahan iklim yang tidak menentu, kondisi cuaca dan arah angin juga tidak dapat diperkirakan . Akibatnya bencana alam seperti angin topan, kebakaran hutan dan gunung meletus juga lebih sering terjadi belakangan ini.

READ  KLIPING PEMANASAN GLOBAL beserta gambarnya dan akibatnya untuk tugas sekolah

Menurut seorang ilmuan dari austria menemukan bahwa bencana seperti gempa bumi dan gunung meleetus juga termasuk efek dari lemanasan global. Peningkatan gempa bumi yang tengah terjadi 20 tahun belakangan ini disebabkan karena bumi menerima dan menyerap lebih banyak panas daripada periode sebelumnya.

Akibatnya perut atau inti bumi juga menjadi semakin panas yang menyebabkan meningkatnya aktivitas vulkanik dan juga tektonik.

Selain itu dengan meningkaynya suhu bumi maka kebakaran hutan juga akan lebih sering kalian lihat karena panas berlebih merupakan salah satu pemicu adanya api, apalagi jika ditempat tersebut sama sekali tidak terdapat sumber mata air maka tentu saja akan mensukseskan kebakaran hutan.

Sedangkan bencana alam lain seperti angin topan dan tornado juga dapat terjadi akibat perubahan kecepatan angin dan semakin panasnya kondisi bumi.

efek pemanasan global yang ke sembilan

9. Gurun menjadi subur

Akibat pemanasan global
Akibat pemanasan global

Pemanasan global juga tidak selamanya berdampak buruk karena dengan berubahnya iklim pada daerah tertentu yang sebelumnya tidak pernah tersentuh hujan akan sedikit merasa lega karena mereka dapat kembali merasakan sejuknya air yang turun dari langit tersebut.

Contohnya ialah yang terjadi pada gurun sahara, tempat tersebut sudah menjadi gurun selama kurang lebih sekitar 12ribu tahun lamanya. Namun akibat perubahan iklim dan meningkatnya curah hujan disana maka sedikit banyak telah tumbuh rumput disana.

efek pemanasan global yang terakhir

10. Perekonomian semakin memburuk

Akibat pemanasan global
Akibat pemanasan global

Dengan semakin banyaknya bencana alam dan juga swmakin panasnya suhu di bumi maka mau tidak mau kebanyakan orang juga akan beralih profesi demi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Lahan pertanian yang biasanya penuh dengan padi hijau akan hilang ditelan banjir dan juga bencana alam lain, selain itu pertanian juga dpat kacau akibat semakin panas suhu di area tersebut yang menjadikannya gersang tidak dapat ditanami tanaman lagi.

Penduduk yang berada didaerah perkotaan juga akan ikut merasakan dampak akibat semakin berkurangnya jumlah pangan karena petani sudah semakin sedikit jumlahnya jadi secara tidak langsung stok pangan yang dikirim kedaerah mereka juga semakin berkurang adanya.

Akibatnya pemerintah berusaha melakukan import beras dan juga kebutuhan pangan lain dari luar negeri demi memenuhi kebutuhan rakyatnya, dengan begitu maka APBD dan juga APBN akan semakin membengkak melebihi batas.

Bagaimana ? Apa pendapat kalian setelah membaca artikel diatas ? Ngeri bukan, tentu saja dan hal tersebut hanyalah segelintir dari banyaknya dampak dan akibat yang akan ditimbulkan oleh pemanasan global.

Jika kalian ingin memperberbaiki dan membantu mencegah terjadinya pemanasan global, anda dapat membaca artikel berikut ini : Cara mencegah terjadinya pemanasan global .

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam artikel mengenai Efek Pemanasan Global bagi kehidupan di bumi yang dapat saya sampaikan kali ini, jika ada pertanyaan maupunnkeluhan yang ingin disampaikan mohon ditulis melalui kolom komentar atau kirim ke alamat email dibawah.

Terimakasih.

Efek pemanasan global

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here