Investasi bukanlah hal baru dalam dunia bisnis khususnya bagi mereka yang memiliki banyak modal , namun investasi bukan hanya tentang siapa yang memiliki modal terbesar namun juga bagaimana cara untuk mengelola modal tersebut , yang perlu anda ketahui ialah ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan.

Tapi jangan hanya tergiur oleh seberapa besar keuntungan dari investasi yang telah anda lakukan perhatikan juga sisi negatif atau bisa disebut dengan kerugian berinvestasi .

Berikut akan saya sajikan beberapa jenis investasi yang tentunya menguntungkan juga kerugian yang mungkin akan anda terima jika berinvestasi dibidang tersebut :

Jenis Jenis Investasi

jenis investasi

1. Saham

Dengan memiliki saham , tentunya anda juga memiliki hak atas perusahaan yang telah anda tanami modal atau bisa dibilang bahwa anda memiliki sebagian dari perusahaan tersebut . Perusahaan akan memberikan sebagian dari keuntungan yang diperoleh kepada pemegang saham atau bisa disebut sebagai deviden .

A. Keuntungan investasi jenis saham

  • CAPITAL GAIN , merupakan keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli dengan harga jual . Misalkan anda membeli saham senilai $6 namun saat harga saham tersebut naik anda lalu menjualnya kembali seharga $15 , keuntungan yang diperoleh bisa saja lebih kecil ataupun jauh lebih besar .
  • DIVIDEN, merupakan pembagian keuntungan yang diperoleh dari laba bersih perusahaan kepada pemegang saham , besar kecilnya dividen juga tergantung dari kebijakan perusahaan namun jangan terlalu banyak berharap pada dividen pasalnya perusahaanpun tidak diwajibkan memberikan dividen kepada pemegang saham .

B. Kerugian / kekurangan investasi saham

  • CAPITAL LOST , dimana ada keuntungan tentu ada kerugian capital lost ialah kebalikan dari capital gain dimana jika capital gain terjadi jika harga beli lebih rendah dari harga jual , maka capital lost terjadi jika harga beli lebih tinggi dari harga jual .
  • RESIKO BANGKRUT , setiap perusahaan pasti dihantui oleh resiko bangkrut bahkan perusahaan seperti NOK*A pun pernah menjual sebagian besar saham yang mereka miliki kepada microsoft . Jika suatu perusahaan dinilai telah berada diambang kebangkrutan maka sudah pasti harga sahamnya akan turun drastis .

2. TABUNGAN di BANK

Investasi jenis ini bisa dikatakan sebagai investasi yang paling mudah untuk menginventasikan uang dari mulai anak anak hingga orang dewasa dapat melakukan investasi dengan cara ini .

Selain mudah dalam menabung anda juga dapat dengan mudah untuk mengambilnya kembali namun jangan terlalu berharap pada investasi jenis ini karena bunga yang dihasilkan sangatlah kecil jika dibandingkan dengan investasi yang lain .

A. Keuntungan investasi TABUNGAN

  • KEAMANAN , hampir semua bank memiliki sistem keamanan yang tidak diragukan dari segi fisik maupun non fisik . Bahkan jika bank tersebut mengalami kebangkrutan uang yang anda simpan didalamnya pun masih dapat diambil kembali karena telah dijamin oleh LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN (LPS) .
  • BUNGA , keuntungan yang didapat dari bunga memang tidak terlalu besar namun jika anda menabung di suatu bang dengan jangka waktu lama keuntungan yang bisa diperoleh dari bunga bisa saja berlipat tergantung dari kebijakan bank tersebut .
  • KEBEBASAN BERTRANSAKSI , selain menyimpan uang semua bank juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi baik melalui ATM , SMS banking, bahkan INTERNET banking .

B. Kerugian investasi tabungan

  • ADMINISTRASI , pada dasarnya menabung di bank sama saja dengan menabung di lembaga lembaga keuangan lain . Mereka juga menginginkan keuntungan dengan cara memotong sebagian kecil uang yang anda tabung tiap bulan .
  • ADMINISTRASI , pada dasarnya menabung di bank sama saja dengan menabung di lembaga lembaga keuangan lain . Mereka juga menginginkan keuntungan dengan cara memotong sebagian kecil uang yang anda tabung tiap bulan .
  • LIMIT TRANSAKSI , meskipun anda diberikan kemudahan dalam melakukan transaksi namun tentu saja ada batas batas yang tidak boleh dilanggar , misalnya ada saldo minimum yang harus tersedia di rekening atau tabungan sehingga tidak mungkin untuk melakukan penarikan secara keseluruhan .

3. Obligasi

Obligasi merupakan surat tanda bukti hutang , bukti bahwa anda telah memberikan hutang kepada suatu perusahaan . Anda juga berhak untuk memberikan bunga kedalamnya namun tetap saja harus ada persetujuan dari ke dua belah pihak tentang seberapa besar bunga yang akan diberikan .

A. Keuntungan investasi jenis obligasi

  • Tingkat bunga obligasi bersifat konsisten , yang artinya anda sudah dapat memperkirakan berapa keuntungan yang akan didapat .
  • Dapat digunakan sebagai agunan kredit bank .
  • Bunga yang dimiliki lebih besar daripada deposito .

B. KERUGIAN investasi jenis obligasi

  • RESIKO PENARIKAN , apabila dalam perjanjian obligasi terdapat persyaratan penarikan perusahaan dapat mencabut obligasi bahkan sebelum jatuh tempo , tentunya dengan membayar sejumlam premi kepada pemegang hak obligasi .
  • RESIKO KERUGIAN , apalila perusahaan memiliki masalah likuiditas dan tidak dapat menepati perjanjian ataupun mengalami kebangkrutan , sudah dapat dipastikan pemegang obligasi akan mengalami kerugian .
  • JANGKA WAKTU , biasanya perjanjian obligasi akan diadakan dalam jangka waktu yang relatif lama , hal ini tentu akan menimbulkan masalah tersendiri karena untuk mencairkan dana obligasi harus menunggu sesuai waktu yang telah ditetapkan .

4. Properti

Semakin lama harga properti seperti rumah maupun tanah semakin melunjak , dengan membeli sebuah properti kemudian menjualnya di kemudian hari ketika dirasa harganya sudah melambung tentu akan mendatangkan keuntungan , keuntungannya pun bervariasi tergantung pada apa yang kita jual seperti rumah , pilihlah rumah dengan lokasi yang strategis dan tentunya memiliki suasana yang diinginkan pembeli .

A. Keuntungan investasi jenis properti

  • Nilai properti dari waktu ke waktu cenderung naik .
  • Untuk properti jenis bangunan selain untuk dijual kembali juga bisa digunakan sendiri ataupun untuk disewakan semacam kos kosan ataupun yang lain .
  • Bisa digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman di bank ataupun tempat peminjaman uang yang lain jika sewaktu waktu membutuhkan dana .
  • AGUNAN yang baik , tidak seperti investasi yang lain properti merupakan agunan yang paling baik , bahkan di beberapa negara pihak bank berani membayar senilai 80% dari nilai agunan properti tersebut .

B. Kerugian / kekurangan investasi properti

  • Biaya perawatan , semakin lama anda menyimpan properti tentu biaya yang dikeluarkan untuk perawatannya juga semakin mahal , biaya perawatan disini meliputi biaya renovasi , perbaikan ataupun biaya lain seperti asuransi .
  • MODAL awal tinggi , semakin bagus properti yang ingin anda beli ataupun bangun tentu modal yang dikeluarkan semakin besar , namun hal ini sebanding dengan keuntungan yang akan anda peroleh nantinya .
  • KUALITAS MENURUN , apapun jenis properti tersebut semua buatan manusia tentu akan mengalami kerusakan atau bisa disebut dengan penurunan kualitas hal ini tentu bisa ditanggulangi dengan merenovasinya namun biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit .

5. Investasi Emas

Tentunya tidak akan lengkap jika tidak menyertakan investasi yang satu ini , iya emas merupakan salah satu investasi paling populer , dari dulu hingga saat ini harganya kian melambung , tentu hal ini banyak dimanfaatkan oleh para investor untuk meraup keuntungan dengan cara membeli emas sebanyak mungkin lalu menjualnya di kemudian hari ketika harganya dinilai sudah cukup tinggi .

A. Keuntungan / kelebian investasi emas

  • Terbebas dari inflasi .
  • Harga emas cenderung naik , hal ini merupakan salah satu faktor utama dimana seorang investor mau meng investasi kan uangnya dalam bentuk emas maupun logam mulia lainnya .
  • Tidak tergantung pada kebijakan pemerintah , seperti apapun kebijakan yang dikeluarkan pemerintah hal ini tentu tidak akan berpengaruh , harga emas akan terus naik seperti biasa .

B. Kekurangan / kerugian investasi emas

  • Kebanyakan investor kesulitan dalam menjual emas yang dimiliki karena tidak mengetahui standar perhitungan harga .
  • Jika anda berniat untuk ber investasi emas dalam jumlah yang besar , sebaiknya buatlah pengamanan khusus untuk melindungi investasi anda dari tangan tangan jahil .

Terimakasih telah berkunjung

Saya harap and menikmati artikel diatas dan Jika ada pertanyaan maupun keluhan yang ingin diajukan silahkan tulis di kolom komentar ya .

Tinggalkan Balasan