Kliping olahraga atletik – Atletik merupakan salah satu jenis olahraga yang terdiri dari beberapa cabang yaitu lari, lempar dan juga lompat. Namun dari ketiga cabang tersebut nantinya juga akan kembali dibagi menjadi beberapa anak cabang yang mempunyai karakteritik serta fungsi masing-masing.

Pada pembahasan kali ini kreativitas.org akan menyediakan pembahasan lengkap mengenai kliping olahraga atletik beserta gambarnya lengkap untuk keperluan tugas sekolah maupun bagi kalian yang ingin belajar tentang olahraga ini.

Saya sendiri sebenarnya tudak terlalu mahir dalam cabang olahraga atletik amupun jenis olahraga lain krena saya termasuk didalam kategori malas, dan hal tersebut dapat dibuktikan dengan jebloknya nilai rapor sewaktu masih sekolah.

Namun kali ini saya akan berusaha semaksimal mungkin membuat artikel olahraga atletik sebaik mungkin agar kalian tidak menyesal dan mendapat nilai bagus dimata guru penjaskes masing masing.

Kliping olahraga atletik beserta gambarnya untuk tugas sekolah

1. Pengertian olahraga atletik

Atletik adalah jenis olahraga yang terdiri dari gabungan cabang olahraga lain yang secara garis besar terdiri dari lari, lempar dan juga lompat.

Kata atletik sendiri berasal dari bahsa yunani yaitu athlon yang memiliki arti kontes atau perlombaan. Selain itu atletik juga termasuk sebagai cabang olahraga yang diperlombakan di olimpiade pertama tahun 776 sebelum masehi.

Kliping olahrg atletik bagian dua

2. Jenis olahraga atletik

Sebenarny atletik dapat digolongkan sebagai induk dari semua jenis olahraga karena pada dasarnya olahraga apapun pasti mengikutkan lari, lompat dan lompat seperti basket dan sepak bola.

Jika kalian pernah melakukan salah satu atau kedua olahraga tersebut sudah pastinya kalian tahu bahwa didalamnya pasti kalian dituntut untuk berlari dan juga melompat seperti menggiring bola, dribel.

Kecuali untuk jenis olhraga yang tidak memerlukan perpindahan tempat seperti catur karena disana sudah bisa dipastikan bahwa anda hanya akan duduk saja tanpa adanya perpindahan seperti lari, lompat maupun melempar didalamnya. Berikut ialah semua jenis olahraga atletik yang saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya :

A. Atletik lari

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Lari termasuk sebagai salah satu cabang olahraga tertua didunia, dan sebelum menjadi jenis olahraga, lari sudah lebih dahulu dikenal oleh manusia peradaban kuno.

Sumber : wikipedia

Lari dapat dibagi lagi menjadi beberapa anak cabang yang terdiri dari 6 yaitu sprint, jarak pendek, jarak menengah, jarak jauh, estafet dan juga lari halang rintang atau bisa disebut dengan lari gawang. Berikut ialah penjelasan singkat mengenai jenis olahraga lari.

A.1 Lari sprint

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Sprint adalah sebuah perlombaan dimana semua peserta diharuskan untuk berlari secepat dan sekencang mungkin dengan jarak yang telah ditentukan yaitu kurang dari 400meter. Adapun nomor yang diperlombakan ialah pada jarak 100m, 200m, dan juga 400m.
Kliping olahraga atletik

Teknik start

Bagi seorang pelari sprint teknik start atau sikap awal dalam memulai lari termasuk sebagai salah satu hal yang paling vital karena walaupin hanya lalai sedetik saja maka pelari sudah dapat dipastikan akan kalah. Untuk lari sprint sendiri start yang digunakan ialah jongkok, berikut ialah penjelasan mengenai tata cara melakukan start jongkok yang baik dan benar .
Kliping olahraga atletik

Cara melakukan start jongkok

  • Lutut kaki belakang diletakan pada ujung kaki depan dengan jarak satu kepal tangan.
  • Kedua lengan lurus sejajar dengan bahu, telapak tangan (jari-jari) letakan dibelakang garis start dengan telapak tangan membentuk “V” terbalik.
  • Pandangan lurus ke lintasan d. Berat badan berada dikedua tangan. Pada aba-aba “Siap” memindahkan berat badan ke depan, Aba-aba “ya” atau bunyi pistol secara reflek dan cepat melesat bertolak ke depan.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dan ikuti langkah-langkah melakukan start jonkok di bawah ini.

Kliping olahraga atletik

Kliping olahraga atletik : cara melakukan start jongkok pada lari sprint

Aba-aba

  • Aba-aba “bersedia” badan di bungkukan kedua telapak tangan bertumpu dibelakang garis start
  • Aba-aba “siap” lutut di angkat, kedua kaki sedikit bergerak ke atas, pandangan ke depan pendek
  • Aba-aba “ya” atau bunyi pistol, secara refleks dan cepat bertolak ke depan

Sikap

  • Sikap melangkah kaki diangkat lalu ditekuk secara bergantian, kaki digerakan ke depan dengan tumpuan ujung kaki.
  • Sikap Badan Sikap badan bergerak ke depan, agak condong dan kaki mendorong pinggul ke depan
  • Pandangan ke arah depan sekitar 10 meter.

Teknik Lari

  • Langkah atau gerakan kaki selebar dan secepat mungkin
  • Pendaratan kaki pada ujung kaki
  • Ayunan lengan rileks dan berirama dengan telapak tangan membuka
  • Sikap badan condong ke depan.
READ  Proses terjadinya gempa bumi dan tsunami beserta gambarnya

Kliping olahraga atletik
Teknik Finish

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Finish adalah penyelesaian lari dengan melewati garis finish atau pita finish. Ada 3 macam cara unutk masuk finish, yaitu:

  1. Lari terus tanpa mengurangi kecepatan
  2. Pada saat menyentuh pita, dada dicondongkan ke depan dan ayunan tangan ke belakang
  3. Pada saat menyentuh pita, dada agak diputar dengan ayunan tangan ke depan

Data mengenai lari sprint diatas saya dapat dari : materipenjasorkes.blogspot.com

kliping olahraga atletik

A.2 Lari jarak pendek

Sebenarnya lari jarak pendek sangat identik dengan sprint bahkan beberara orang menyebut bahwa lari jarak pendwk ialah sprint itu sendiri. Karena itulah saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut mengenainya.

A.3 Jarak menengah

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Lari jarak menengah adalah suatu kegiatan berlari pada lintasan lomba yang jaraknya lebih panjang atau lebih jauh daripada lari jarak pendek, adapun jarak yang dipakai biasanya maximum 3000meter. Nomor pada lari jarak menengah ialah 800m, 1500m, dan juga 3000m.

Teknik yang digunakan untuk start, berlari dan juga memasuki garis finis ini pada umumnya sama dengan yang digunakan pada lari sprint. kliping olahraga atletik

A.4 Jarak jauh

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Lari jarak jauh adalah suatu nomor yang diperlombakan dalam olahraga atletik dengan jarak tempuh +- 42.195meter atau 26 mil 385 yard. Lari jarak jauh juga biasa dikenal dengan sebutan marathon dan ia merupakan nomor olahraga atletik paling tua daalam sejarah olimpiade kuno.

Teknik start

  • Pada hitungan 1 pelari melakukan persiapan yaitu dengan merendahkan posisi lutut dan juga pandangan kedepan.
  • Hitungan kedua tumpuan berat badan dialihkan ke kaki depan dan kedua lengan bersiap untuk berlari.
  • Pada bitungn ke 3 mulailah berlari dengan mengayunkan kaki bagian belakang dan menolak kaki depan.

Teknik Lari

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Lari jarak jauh ini sangatlah berbeda dengan jarak pendek ataupun menengah yang mengharuskan untuk berlari zekencang2nya karena kalian harus mengatur tempo dan juga pernafasan agar tidak kehabisan tenaga.

Usahakan untuk berlari dengan kecepatan tetap atau konstant namun pada akhir balap yaitu sekitar 2km terakhir untuk memaksimalkan kecepatan lari demi mencapai posisi teratas dan juga tidak disusul oleh lawan.

A.5 estafet

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Lari estafet ialah salah satu cabang olahraga atletik yang bertujuan untuk memberikan tongkat kepada pelari lain dalam satu tim dan biasanya hanya terdiri dari 4 orang yaitu pelari pertama, kedua, ketiga dan juga keempat.

Kliping olahraga atletik
Teknik pemberian tongkat

Ketika akan melakukan pemberian maka ayunkan rongkat dari bagian belakang kedepan melalui bawah, jika pemberi melakukan dengan tangan kanan maka si penerima haruslah menerimanya dengan tangan kiri dan begitu pula sebaliknya.

Teknik menerima tongkat

  • Cara Visual yaitu dengan melihat atau menoleh kearah belakang (car ini hanya dapat dilakukan pada lari estafet dengan jarak 4x400meter).
  • Cara Non-Visual yaitu dilakukan tanpa menoleh kebelakang dan hanya mengayunkan tangan kebelakang sembari menunggu si pemberi memberikan tongkatnya.

Area pergantian dan penempatan pelari

  • Pelari pertama berada di garis start dengan lintasan tikungan.
  • Pelari kedua juga berada diarea start dengan lintasan lurus.
  • Pelari ketiga di area 3 dengan lintasan lurus.
  • Dan pelari keempat berada di area start dengan lintasan lurus dan berakhir pada garis finish.

A.6 Lari halang rintang

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Lari halang rintang ialah suatu kegoatan perlombaan lari dengan jarak menengah yaitu 3000meter dengan terdapat 2 jenis halangan ditengahnya yaitu gawang/pagar dan juga kolam air yang harus dilalui oleh setiap peserta sebelum bertemu dengan garis finish. kliping olahraga atletik

B. Atletik lompat

Lompat termasuk didalam salah satu jenis olahraga atletik yang terbagi menjadi beberapa cabang, namun kali ini saya hanya akan membahas 4 diantaranya yaitu Lompat tinggi, galah, jangkit dan juga lompat jauh.

B.1 Lompat tinggi

Lompat tinggi ialah salah satu cabang olahraga atletik yang memerlukan ketrampilan tertentu untuk meleeati mistar yang menggantung diantara 2 tiang dengan ketinggian yang telah ditentukan.
Kliping olahraga atletik

Gaya gunting

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Gaya gunting ialah gaya yang ditemukan oleh sweney sehingga seringkali juga disebut dengan gaya sweney. Adapun cara melakukannya ialah dengan mengambil awalan dari tengah , jika melompat dengan kaki kiri sebagai tumpuan maka pada saat mendarat kalian harus menggunakan kaki kanan.

READ  Artikel Narkoba singkat dikalangan pelajar dan artis lengkap

Gaya guling sisi

Kliping olahraga atletik
Kliping olahraga atletik

Gaya ini diciptakan oleh G.horin warga berkebangsaan amerika pada tahun 1912. Karena adanya peraturan perlombaan yang berlaku saat ini maka gaya guling sisi tidak dapat berkembang dan tidak pernah dipakai dalam suatu perlombaan.

Gaya guling perut

Adalah gaya yang dilakukan dengan memutar balikkan badan secepat mungkin ketika melewati mistar. Adapun cara melakukannya ialah dengan mengambil awalan dari samping dengan langkah ganjilbyng disesuaikan dengan ketinggian mistar, apabila tumpuan menggunakan kaki kiri maka mendaratlah dengan tangan dan juga kaki kanan begitu pula sebaliknya. kliping olahraga atletik

Gaya fosbury flop

Gaya ini diperkenalkan dan ditemukan oleh Dick Fosbuty pada olimpiade tahun 1968 di mexiko, dengan menggunakan gaya ini beliau sukses mendapat juara pertama.

B.2 Lompat Galah

Lompat galah ialah salah satu cabang olahraga atletik yang menggunakan tongkat atau tiang sebagai alat untuk melewati mistar.

Zikap awalan

Harus dilakukan dalam jaraj sejauh mungkin agar mendapat kecepatan maksimal pada saat akan melakukan tumpuan.

Menancapkan galah

Usahakan agar galah menghadap keatas dan jangan sampai menggeserkan posisi galah pada saat telah ditancapkan.

Posisi galah

Posidi Galah harus ditancapkan sejajar dengan garis lurus damn ujing galah berada di bawah kepala atlet saat memulai tumpuan.

Mengayun dan bergelanjtungan

Tujun dilakukannya gerakan ininialah untuk meningkatkan kelentingan dan j7ga untuk menyimpan tenaga potensial didalamnya.

Tarikan dan putaran

Tarikan dimula pada saat tengah memusatkan gay a berat tubuh didekat galah, kemudian lepaskan energi dengan melakukan gerakan pelurusan.
Kliping olahraga atletik

Melintasi mistar

Gerakan ini merupakan lanjutan dari gerakan menarik, sebwlum melepaskan peganganny atlet ahruslah melakukan gerakan melintar denhan menjatuhkan sesikit kedua kaki.

B.3 Lompat jangkit

Lompat jangkit atau triple jump ialah salah satu jenis olahraga atletik yang melibatkan 3 grrakan yitu hop/jingkat, step/langkah, dan jump/lompat , pada dasarnya lompat jangkit sangatlah mirip dengan lompat jauh yang telah saya jelskan sedikit diatas. kliping olahraga atletik

Teknik Awalan

  • Berlari dengan kecepatan yang meningkat sedikit demi sedikit.
  • Pada langkah terakhir sebaiknya sikap pinggang sedikit diturunkan kebawah.

Tolakan berjingkat

  • Sebaiknya gunkanlah kaki terkuat kalian ketika akan melakukan teknik tolakan
  • Ayunkn salah satu paha secara horizontal (ke samping)
  • Kemudian lakukan gerakan menolak kedepan atas
  • Tarik kaki yang digunakan untuk menolak ke depan atas sedangkan kaki yang satunya ditarik ke bagian belakang bawah.

Tolakan untuk melangkah

  • Lakukan gerakan tolakan menggunakan satu kaki kemudian posisi sendi lutut, pinggang dan mata kaki lurus.
  • Lalu paha kaki lainnya diayunkan secara horizontal.
  • Pada gerakan melangkah disertai gerakan melompat. Maka dari itu pada tahap ini harus lebih dipertahankan karena akan dilanjutkan dengan tahap melompat.
  • Pada gerakan melangkah, anda cukup meluruskan kaki yang tidak digunakan untuk melompat kemudian tarik ke arah belakang bawah.

Tolakan untuk melompat

  • Gerakan tolakan dilakukan dengan cara cepat kemudian kaki yang tidak menolak diayun ke arah horizontal.
  • Tahap badan melayang melibatkan teknik melangkah dan menggantung.
  • Badan ditarik ke arah depan bawah untuk mempersiapkan pendartan.
  • Kemudian lengan ditarik ke arah depan.

Teknik Pendaratan

  • Kedua kaki diluruskan dan diangkat ke arah depan.
  • Badan sedikit dibungkukkan ke depan dan posisikan kedua lengan ke depan.
  • Kedua kaki mengeper dengan sedikit ditekuk ketika melakukan pendaratan.
  • Posisikan badan di depan disertai merundukkan kepala.
  • Setelah itu kedua tangan tetap berada didepan badan.

Sumber : penjasorkes.com

kliping olahraga atletik

B.4 Lompat jauh

Lompt jUh adalah salah satu olahraga atletik dimana sang atlet harus menggbungkn antara keceptan, ketangkasan dn juga kekuatan untuk dapat menghasilkan lomptn sejauh mungkin.
Kliping olahraga atletik

Teknik awalan

  • Membuat ancang2 sekitar 20-30 meter dari garis lompat
  • Kemuian berlari sekencang mungkin dan jangn ampai kehilangn keseimbangan

Teknik lompatan

  • Kaki sedikit dibengkokkan dan posisi tungki harus lurus

Teknik pendaratan

  • Dilakukan dengan cara menundukkan kepala
  • Kemudian Mengyunkan lengan dan pinggang kearah depan.

C. Atletik lempar

C.1 Lempar Cakram

Lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga atletik. Cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan. Lempar cakram diperlombakan sejak Olimpiade I tahun 1896 di Athena, Yunani.

Cara memegang cakram

Pegang dengan buku ujung jari-jari tangan, ibu jari memegang samping cakram, kemudian pergelangan tangan ditekuk sedikit ke dalam

READ  10 CONTOH PENCEMARAN UDARA dan cara mengatasinya beserta gambarnya

Mengayunkan cakram

  • Ayunkan cakram dengan ring ke depan dan ke belakang di samping tubuh.
  • Pada saat mengayunkan cakram, tangan yang memegang cakram direntangkan sampai lurus dan Jangan sampai lepas.

Gerakan lempar cakram

Persiapan

  • Berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar.Pegang cakram dengan tangan kanan.
  • Ayunkan sampai di atas bahu sambil memutar badan ke kiri, kemudian ke kanan secara berulang-ulang.
  • Saat cakram diayun ke kiri, bantu tangan kiri dengan cara menyangganya.

Pelaksanaan

  • Ayunkan cakram ke depan lalu ke belakang.
  • Pada saat cakram di belakang, putar badan dan ayunkan cakram ke samping-depan-atas (membentuk sudut 40 derajat).Lepaskan cakram pada saat berada di depan muka.

C.2 Lempar Lembing

Dalam olah raga atletik dikenal olah raga lempar lembing. Olah raga lempar lembing merupakan olah raga atletik berjenis lintasan dan lapangan. Pada olah raga ini, atlet lempar lembing harus berlari pada lintasan untuk ancang-ancang. Kemudian, atlet melemparkan lembing pada wilayah atau lapangan yang ukurannya sudah ditentukan.

Lembing yang digunakan berukuran panjang 2,6 – 2,7 m untuk putra dan 2,2 -2,3 m untuk putri. Berat lembing yang digunakan 800 gram untuk putra dan 600 gram untuk putri. Selain itu, lembing dilengkapi dengan pegangan sepanjang 20 cm dan ujung tajam dari metal.

Cara memegang lembing

  • Cara Finlandia: antara kedua jari tengah dan ibu jari diletakkan pada bagian belakang balutan lembing, sedangkan jari telunjuk diletakkan sewajarnya.
  • Cara Amerika: antara kedua jari telunjuk dan ibu jari diletakkan pada bagian belakang balutan lembing.

Cara membawa lembing

  • Tangan sebelah kanan ditekuk, kemudian lembing dipegang hingga sejajar dengan telinga. Sementara mata lembing diarahkan ke depan agak serong ke arah bawah.
  • Tangan sebelah kanan ditekuk, kemudian lembing dipegang hingga sejajar dengan telinga, tetapi mata lembing diarahkan ke depan dengan serong ke atas.
  • Lembing dibawa oleh tangan kanan yang diletakkan di belakang badan dengan mata lembing diarahkan ke depan serong atas.

Gaya melempar

  • Gaya silang atau dikenal dengan istilah cross step
  • Gaya berjingkat atau hop step

C.3 Tolak Peluru

Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Berat peluru:

  • Untuk senior putra = 7.257 kg
  • Untuk senior putri = 4 kg
  • Untuk yunior putra = 5 kg
  • Untuk yunior putri = 3 kg

Ketentuan diskualifikasi/kegagalan

  • Menyentuh balok batas sebelah atas
  • Menyentuh tanah di luar lingkaran
  • Keluar masuk lingkaran dari muka garis tengah
  • Dipanggil selama 3 menit belum menolak
  • Peluru di taruh di belakang kepala
  • Peluru jatuh di luar sektor lingkaran
  • Menginjak garis lingkar lapangan
  • Keluar lewat depan garis lingkar
  • Keluar lingkaran tidak dengan berjalan tenang
  • Peserta gagal melempar sudah 3 kali lemparan

Sumber : atletiklempar10mia5.blogspot.com

Kliping olahraga atletik bagian terakhir

3. Manfaat olahraga atletik

Sebenarnya ada sangat banyak sekali manfaat yang akan anda dapat ketika melakukan olahraga atletik ini, dan berikut ialah beberapa diantaranya :

A. Menyehatkan jantung

Jantung merupakan organ terpenting di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Anda akan membuat jantung menjadi sehat dan kuat. Saat proses olahraga atletik dilakukan, misalkan olahraga lari, maka jantung akan bekerja secara optimal.

Perlu diingat, Anda juga harus memperhatikan kesehatan jantung Anda. Apabila merasa jantung sakit atau tidak enak badan, usahakan untuk tidak berolahraga terlebih dahulu karena akan membahayakan tubuh.

kliping olahraga atletik

B. Meningkatkan metabolisme tubuh

Semua olahraga dilakukan agar memiliki tubuh yang sehat dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satunya dengan melakukan olahraga atletik ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi kuat dan sangat sehat.

Apabila metabolisme terganggu maka akan mengakibatkan seseorang akan mengalami sakit. Usahakan untuk melakukan olahraga secara teratur, karena selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh, olahraga juga bisa menstabilkan keadaan tubuh agar tetap sehat.

C. Meningkatkan sistem imun

Manfaat dari olahraga yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Dengan melakukan olahraga secara teratur, tubuh dapat membuat zat antibodi yang ada dalam tubuh semakin meningkat. Zat antibodi inilah yang membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh Anda. Untuk itulah, seringlah untuk melakukan olahraga apapun yang Anda sukai. Biasakan olahraga dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

Sumber : rekuperin.com

Terimakasih

Kliping olahraga atletik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here