Kliping pemanasan global – Pernahkah kalian berfikir mengapa tiap hari suhu udara semakin meningkat dan juga mengapa sekarang ini jumlah populasi hewan dan tumbuh-tumbuhan juga semakin berkurang ?

Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah disebabkan oleh dampak pemanasan global yang tengah terjadi saat ini . Pemanasan global ialah salah satu ancaman terbesar yang dialami oleh seluruh isi bumi baik dari manusia, hewan, bahkan tanaman pun juga ikut merasakan dampak dari pemanasan global ini.

Dan fakta mencengangkan lain ialah bahwa saat ini masih belum ada cara ampuh untuk mengatasi pemanasan global dan juga bukannya menghilangkan malahan justru manusialah yang menjadi sumber utama penyebab terjadinya pemanasan global baik yang telah, tengah maupun yang akan terjadi dimas mendatang.

Untuk itulah diperlukan adanya kesadaran dari semua pihak demi terciptanya bumi yang bebas dari ancaman global warming atau pemanasan global.

Pada pembahasan kali ini kreativitas.org akan menyajikan pembahasan singkat dan lengkap mengenai KLIPING PEMANASAN GLOBAL yang akan dibagibkedalam beberapa bagian yaitu :

  1. Pengertian pemanasan global
  2. Penyebab terjadinya pemanasan global
  3. Proses terjadinya pemanasan global
  4. Dampak pemanasan global
  5. Dan juga Cara mencegah terjadinya pemanasan global

Oke tanpa banyak basa basi lagi mari kita mulai pada pembahasan utama yaitu mengenai .

Kliping pemanasan global dan akibat beserta gambarnya

1. Pengertian pemanasan global

Kliping pemanasan global
Kliping pemanasan global

Pertama yang akan saya bahas disini ialah mengenai definisi atau pengertian dari pemanasan global itu sendiri karena jangan sampai kita telah melangkah ke tengah pembahasan namun anda masih belum tahu apa yang menjadi inti topik kali ini.

Oke, berikut ialah beberapa pengertian pemanasan global menurut para ahli :

A. NASA

Pemanasan global adalah naiknya panas suhu rata – rata permukaan bumi akibat meningkatnya kadar gas rumah kaca.

B. Dictionary

Pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi yang menyebabkan perubahan iklim dan yang mungkin timbul dari efek rumah kaca.

C. LiveScience

Pemanasan global adalah pemanasan bertahap permukaan bumi, lautan dan atmosfer.

D. WWF

Pemanasan global adalah peningkatan sejumlah gas rumah kaca di atmosfer bumi, terutama karbon dioksida. Gas karbon dioksida adalah penyebab utama pemanasan global saat ini.

E. Climatehotmap

Pemanasan global mengacu pada peningkatan suhu permukaan global, sebagai salah satu dampak dari tingginya emisi karbon dioksida yang disebabkan manusia.

F. Wikipedia

Pemanasan global adalah suatu kegiatan atau proses naik atau meningkatnya rata – rata suhu di atmosfer bumi, permukaan laut, dan juga di daratan Bumi.

Sumber : Artikelpemanasanglobal.blogspot.com

Kliping pemanasan global bagian 2

2. Penyebab terjadinya pemanasan global

Kliping pemanasan global
Kliping pemanasan global

Selanjutnya dalam artikel berjudul Kliping pemanasan global beserta gambarnya dan akibat untuk tugas sekolah kali ini ialah mengenai penyebab terjadinya pemanasan global.

Sebenarnya jika dilihat dari semua aspek penyebab utama pemanasan global ialah “manusia” itu sendiri, iya karena manusialah yang menciptakan dan pada akhirnya mereka juga yang ikut merasakan dampak pemanasan global ini.

Jadi mungkin seperti efek timbal balik atau mungkin juga bisa disebut dengan karma karena kitalah yang menyebabkan masalah ini maka kita juga yang harus menanggung semua dampak dan akibat yang ditimbulkan dari pemanasan global.

A. Efek rumah kaca

Ketika energi matahari tiba di bumi, ia akan menjadi cahaya yang sangat panas dan dapat menghangatkan seluruh permukaan yang dilewatinya. Namun bukan semua panas matahari ini akan diseran tetapi ada sebagian yang dipantulkan kembali .

Namun krena efek rumah kaca ini panas yang dipantulkan tersebut justru akan berbalik lagi ke bumi dan mengakibatkan naiknya suhu juga menjadikan bumi semakin panas. Adapun gas rumah kaca yang dapat memerangkap panas matahari tersebut ialah antara lain uap air, karbon diokasida dan juga metana.

Ketiga gas tersebutlah yang paling berperan dalam mensukseskan efek rumah kaca , jika keadaan ini dibiarkan terus berlanjut dan tidak segera ditangani maka akan semakin memperburuk keadaan dibumi dengan adanya pemanasan global.

B. Berkurangnya jumlah pohon

Banyak yang bilang bahwa hutan merupakan paru-paru bagi bumi, dengan begitu maka seluruh aktivitas dan keberlangsungan semua makhluk hidup dibumi secara tidak langsung dipengaruhi oleh hutan itu sensiri.

Artikel Terkait ➡  Macam macam limbah berdasarkan wujudnya dan sumbernya "9 jenis"

Malangnya manusia sekarang ini justru terus mengeksploitasi hutan demi kepuasan dan keserakahan mereka, dengan begitu maka paru paru bumi akan semakin mengecil dan pada akhirnya hilang tanpa sisa.

Barang seperti kertas , tissue , dan beberapa barang pokok lain juga menggunakan pohon sebagai bahan utama pembuatannya. Oleh karena itu sebaiknya jika kalian memang perduli terhadap keselamatan bumi segeralah kurangi pemakaian kertas juga tissue.

Atau anda juga dapat menggantinya dengan barang lain seperti tissue kalian bisa menggunakan sapu tangan atau bahan lain sebagai penggantinya dan juga kertas bisa diakali dengan hp atau alat tulis elektronik lain.

Tumbuhan hijau juga berfungsi sebagai penetralisir gas C02 dimana seperti yang telah saya jelaskan diatas, karbon dioksida merupakan salah satu pemicu terjadinya efek rumah kaca.

C. Asap pabrik dan juga kendaraan bermotor

Penyebab terjadinya pemanasan global yang terakhir dalam artikel kali ini ialah ditimbulkan oleh adanya pembuangan hasil pembakaran kendaraan beemotor dan juga asap limbah pabrik.

Asap hasil pembuangan kendaraan bermotor juga turut serta dalam membantu mensukseskan pemanasan global , tidak percaya ? Coba kalian hadapkan wajah di depan kenalpot motor saat sedang dinyalakan.

Apa yang akan terjadi ? Saya yakin kalian dapat menjawabnya dengan sendiri, Begitulah kira kira keadaan bumi sekarang ini. Sebagai gantinya kalian bisa menggunakan kendaraan ramah lingkungan guna turut serta dalam mengurangi efek pemanasan global.

Karena keterbatasan waktu maka saya hanya dapat menjelaskan 3 diantara baaaaaanyaknya penyebab terjadinya oemanasan global. Selanjutnya mari kita lompt pada pembahasan ketiga yaitu .

Kliping pemanasan global bagian tiga.

3. Proses terjadinya pemanasan global

Kliping pemanasan global
Kliping pemanasan global

Proses ini diawali dari cahaya tapak dari matahari sebahagian dikembalikan keangkasa dan sebagian lagi diserap oleh bumi (yang mana pantulan tersebut dikembalikan lagi dalam wujud radiasi inframerah).

Radiasi matahari tadi melalui bumi melalui atmosfer,karena semakin banyak radiasi matahari tadi di lapisan atmosfer bumi, sehingga menyebabkan lubang ozon. Kebanyakan dari radiasi matahari diserap oleh permukaan bumi dan memanaskannya.

Radiasi inframerah dipancarkan oleh permukaan bumi, Radiasi inframerah yang dipancarkan kembali oleh bumi diserap oleh CO2 di atmosfer yang kemudian sebahagian dipancarkan ke angkasa, sebahagian lagi dikembalikan ke atmosfer bumi dan CO2 yang kembali ke atmosfer bumi itulah yang disebut dengan pemanasan global (global warming).

Sumber : meliarahmaw15.wordpres.com

Kliping pemanasan global bagian 4

4. Dampak pemanasan global

Kliping pemanasan global
Kliping pemanasan global

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan pemanasan global, penyebab terjadinya, dan bagaimana proses lemanasan global tersebut berlangsung . Selanjutnya mari kita bahas tentang apa yang akan terjadi ketika pemanasan global atau bisa disebut dengan global warming ini terus terjadi (dampak).

Sebenarnya ada banyak sekali dampak dan akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global dan tentu saja saya tidak dapat menuliskan semua secara keseluruhan, tapi setidaknya disini kreativitas kan menyebutkan 4 diantaranya :

A. Mencairnya es di kitub

Dampak pemanasan global yang pertama ialah mencairnya es yang berad didaerah kutub, baik selatan maupun utara semua dapat mencair apallbila msalah ini tidak segera ditangani.

Seperti yang telah kalian ketahui bahwa sinar matahari sebenarnya tudak dapat melewati daerah kutub, karena matahari memang tidak melewati area tersebut. Namun karena efek rumh kaca yang memantulkan kembali panas matahari maka panas tersebut akhirnya akan menbar keseluruh bagian bumi termasuk daerah kutub.

Dan kalian juga tahu sendiri kan betapa melimpahnya es disana ? Ketika semua bongkahan es tersebut mencair maka akan terjadi banjir dimana mana bahkan air tersebut nantinya dapat menenggelamkan beberapa pulau juga.

Banjir tersebut dikarenakan oleh volume air laut yang ikut meningkat akibat dari mencairnya es disana. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tiap tahunnya es di kutub selatan menyusut sebanyak 160 miliar ton, jumlah tersebut termasuk sedikit jika dibandingkan dengan banyaknya es disana.

Kliping pemanasan global

B. Menipisnya lapisan ozon

Lapisan ozon merupakan salah satu unsur paling vital bagi bumi karena ia melindungi bumi dari paparan sinar ultra violet matahari dimana sinar tersebut sangat bebahaya jika terkena kulit kita secara langsung .

Artikel Terkait ➡  Artikel Pemanasan global singkat dan lengkap "rinci"

Berikut ialh beberapa fungsi lapisan ozon bagi bumi yang saya kutip dari ilmugeografi.com :

B.1 Melindungi Bumi dari sinar ultraviolet

Selain mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang sampai ke permukaan Bumi, lapisan ozon juga sedikit banyak membantu menghalang- halangi sinar matahari agar tidak sampai mengenai permukaan Bumi secara langsung. Apabila sinar ultraviolet mengenai permukaan Bumi secara langsung maka hal ini kan menjadi sesuatu yang sangat membahayakan, bukan hanya bagi kelangsungan hidup planet Bumi, namun juga bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

B.2 Melindungi Bumi dari benda- benda langit yang jatuh

Fungsi lapisan ozon yang selanjutnya adalah melidungi Bumi dari jatuhnya benda- benda langit. Kita semua mengetahui bahwasannya di luar angkasa banyak kita temui benda- benda langit, seperti komet, asteroid (baca: ciri-ciri asteroid), dan lain sebagainya. Benda- benda langit tersebut bisa saja bergeser dari tempatnya atau bahkan jatuh. Jatuhnya benda langit ini disebut sebagai meteor (baca: proses terjadinya hujan meteor). Meteor ini tidak bisa ditentukan arah jatuhnya, sehingga ada kemungkinan besar akan jatuh menuju ke Bumi.

Ketika jatuhnya meteor ini menuju ke permukaan Bumi, maka meteor tersebut akan melewati lapisan atmosfer Bumi (salah satunya adalah lapisan ozon). Ketika melewati lapisan atmosfer Bumi, maka meteor ini akan terbakar. Pembakaran yang dilakukan oleh lapisan atmosfer ini akan menimbulkan cahaya, sehingga kita akan melihatnya sebagai bintang jatuh. Pembakaran yang terjadi pada meteor itu akan menghanguskan meteor sehingga benda langit tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi. Apabila meteor tersebut tidak hangus dan langsung menuju ke permukaan Bumi, maka hal ini bisa menimbulkan Bahaya yang besar bagi Bumi dan isinya.

B.3 Menjaga kestabilan suhu di Bumi, sehingga pemanasan global pun bisa berkurang

Salah satu permasalahan global yang dialami Bumi dan menjadi sorotan utama akhir- akhir ini adalah tentang pemanasan global. Pemanasan global bisa diartikan sebagai naiknya suhu udara rata- rata Bumi sehingga menyebabkan berbagai dampak yang buruk. Salah satu dampak buruk dari pemanasan global adalah mencairkan es yang ada di kutub sehingga permukaan laut meningkat.

Salah satu fungsi yang dimiliki oleh lapisan ozon adalah menstabilkan suhu yang ada di Bumi, sehingga tidak terasa begitu panas. Stabilnya suhu yang ada di Bumi ini juga bisa mengurangi pemanasan global, sehingga berbagai dampak buruk dari pemanasan global tidak akan terjadi.

Kliping pemanasan global

C. Berubanya pola hidup binatang dan tumbuhan

Dampak pemanasan global yang ketiga ialah dirasakan juga oleh para binatang dan tumbuhan yang tidak bersalah dan tidak ikut andil apapun dalam pemanasan global, namun naasnya mereka ikut mersakannya.

Pemanasan global menyebabkan berubahnya iklim pada suatu tempat sehingga tumbuhan dan hewan akan keaslitan beradaptasi dengan iklim baru didaerah mereka. Pada akhirnya binatang yang tidak dapat beradaptasi akan mati dan beberapa diantara mereka memutuskan untuk bermigrasi ke tempat lain yang dianggap masih layak dihuni.

Begitu pula dengan tanaman, akibat semakin menipisnya simber mata air ditempat mereka tumbuh akan menyebabkan sebagian besar mati . Dan ada juga beberapa tanaman yang akan tumbuh didaerah lain maka terjadilah ketidak seimbangan ekosistem di bumi.

D. Produksi pertanian menurun

Pemanasan global pada akhirnya juga akn berdampak pada menurunny produksi para petani ,ketika suhu semakin panas maka secara tidak langsung akan mengakibatkan mengeringnya daerah tersebut juga paaokan air akan semakin berkurang.

Beberpa hasil tani seperti padi dan jagung yang membutuhkan banyak air dalam perawatannya tentu saja akan mengalami pengurangan dan bahkan kegagalan panen.

Namun secara tidak langsung oara petani yang masih menggunakan bahan kimia sebagai pupuk juga turut berperan dalam keberlangsungan pemanasan global ini.

Kliping pemanasan global

5. Cara mencegah terjadinya pemanasan global

Kliping pemanasan global
Kliping pemanasan global

Akhirnya setelah mengarungi perjalanan panjang kita sampai pasa pembahasan terakhir yaitu cara mencegah pemanasan global. Sebenarnya upaya pencegahan global warming ini sangatlah mudah dan dapat dilakukan hanya dwngan menjaga dan memperbaiki pola hidup sehari hari.

Artikel Terkait ➡  GAS RUMAH KACA : terdiri dari jenis contoh dan dampak

A. Menanam pohon

Banyak orang bilang bahwa hutan merupakan paru-parunya bumi karena disinilah hampir semua oksigen (02) diciptakan dan sekaligus juga menetralkan co2 dan racun gas lain.

Dengan menanam 1 pohon saja itu artinya anda telah menyelamatkan ribuan nyawa dan sekaligus dapat mencegah terjadinya lemanasan global , jadi bisa 2 in 1 yaitu menyelamatkan hidup dan juga mengurangi efek global warming itu sendiri.

Belakangan ini banyak juga kampanye dari pihak pemerintah maupun mereka yang telah sadar akan betala bahayanya pemanasan global ini diberbagai surat kabar, slogan, televisi maupun media baca online.

Hal tersebut sangatlah wajar mengingat sudah banyak sekali efek yang ditimbulkan oleh pemanasan global salah satunya ialah dengan mencairnya sebagian besar es di kutub, kalian tahu sendiri kan es disana saaaaangat banyak sekali jumlahnya.

Dan apa yang akan terjadi ketika semua itu meleleh ? Banjir , bukan hanyanitu saja melainkan dapat menenggelamkan hampir selurub wilayah bumi karena pada dasarnya es merupakan air yang dipadatkan.

Penanaman kembali seperti reboisasi juga sangat diperlukan terutama ditempat yang butannya telah guntul dan tidak terdapat pohon didalamnya.

B. Hemat listrik

Banyak diantara warga kota terutama mereka yang beranggapan mempunyai “banyak” duit atau kaya sering kali mengabaikan hal sekecil ini padahal efeknya sangat besar demi mencegah yerjadinya pemanasan global.

Baik saat men-charge hp, nonton TV dan lain sebagainya sebaiknya kalian langsung mencabut dan mematikan saluran listrik tersebut saat tidak digunakan karena hal tersebut sama saja dengan membuang buang energi .

Listrik merupakan salah satu jenis energi yang paling banyak digunakan saat ini karena fungsi juga kegunaannya sangat beragam dan bermanfaat bagi kehidupan manusia di bumi.

Bersantai, bermain bahkan saat tidur pun kita terus menerus menggunakan energi listrik ini seperti kipas, ac, tv, dan handphone . Hal tersebut sangatlah wajar mengingat barangw diatas bisa dibilang salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang.

C. Menggunakan Energi alternatif

Energi alternatif adalah energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi.

Sumber : ilmusiana.com

Penggunaan energi alternatif ini seharusnya sudah dilaksanakan di seluruh dunia guna mengurangi dan mencegah terjadinya pemanasan global juga beberapa masalah yang menyangkut kehidupan manusia lainnya.

Jumlah fosil semakin hari kian berkurang adanya karena terus menerus digunakan demi kepentingan kita (manusia), sedangkan untum membuat fosil diperlukan beriburibu bahkan sampai berjuta-juta tahun lamanya.

Namun jangan khawatir karena suatu hari nanti anda juga akan menjadi salah satu energi fosil ini ketika telah ……… nanti, haha.

D. Mengurangi penggunaan pupuk kimia

Menggunakan pupuk kimia sebagai bahan utama untuk membantu mempercepat pertumbuhan lahn pertanian memang bagus karena efeknya yang cepat dan dinilai lebih ampuh jika dibandingkan dengan pupuk organik.

Selain itu, hrga pupuk kimia juga dinilai jauh lebih murah dan lebih mudah digunakan ketimbang pupuk jenis lain , karena itulah banyak petani memilihnya keyimbang pupuk lain.

Nmun jangan hanya mementingkan diri sendiri karena efek yang ditimbulkan jika anda secara terus menerus menggunakan pupuk kimia maka para hama dan juga penyakit pada padi maupun jenis tanaman pertanian lain akan menjadi kebal terhadapnya.

Selain menjadi kebal , efek lain dari penggunaan bahan kimia ialah mempercepat terjadinya pemanasan global .

E. Hemat kertas

Bahan utama pembuatan kertas ialah kulit pohon, dimana pihob sendiri sangat penting adanya bagi kehidupan dibumi. Jika kalian terus menerus menggunakan dan menghamburkan kertas itu artinya kalian juga secara tidak langsung menebang pohon setiap harinya.

Sekarang ininjuga sudah banyak alternatif kertas lain yaitu dengan adanya handphone dan komputer maka kita dapat menulis dan menghapusnya kapanpun tanpa takut adanya pohon tumbang ( kecuali jika kalian melakukannya dihutan saat terjadi hujan badai) haha.

Sumber : Kreativitas.org

Sengaja saya menyertakan sumbernya dari blog sendiri agar dapat meningkatkan jumlah pembacanya sekaliguz promosi, haha.

Sekian mengenai kliping pemanasan global yang dapat saya sampaikan kepada kalian kali ini, jika ada pertanyaan maupun keluhan yng ingin disampaikan bisa ditulis melalui kolom komentar.

terimakasih

Kliping pemanasan global

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here