Sayangnya layanan google play terhenti tiba tiba / telah berhenti, sebenarnya apa sih arti notifikasi tersebut ? kenapa bisa muncul ? Dan bagaimana cara mengatasinya ? Mungkin diantara agan agan disini pernah atau bahkan sering mengalami error seperti diatas.

Jika jawabannya iya maka anda telah berkunjung ketempat yang tepat karena disini kreativitas.org akan membahas secara rinci mengenai penyebab dan cara mengatasi layanan google play terhenti di android. Layanan google play atau dalam bahasa inggrisnya google play service ialah suatu layanan dukungan dari pihak google sendiri untuk mempermudah dalam mengelola aplikasinya seperti gmail, google chrome dan lain sebagainya.

Pada hampir setiap perangkat android tentunya telah terinstall secara default layanan google play ini dalam aplikasi sistem mereka. Walaupun memiliki fungsi utama yaitu sebagai pendukung atau support tapi pada kenyataannya aplikasi inilah yang paling banyak terdapat error atau masalah didalamnya, adapun beberapa pemberitahuan yang sering muncul sebelum terjadi error ialah sebagai berikut :

  1. Sayangnya layanan google play telah berhenti
  2. Unfortunatelly google play service has stopped
  3. Layanan google play tidak menanggapi, anda ingin menutupnya

Dan masih banyak lagi tergantung dari bahasa dan juga masalah apa yang sedang dihadapi.

A. Penyebab layanan google play terhenti

Sebenarnya ada sangat banyak alasan mengapa layanan google play telah berhenti, namun karena keterbatasan waktu saya hanya akan menyediakan beberapa diantaranya saja yang saya anggap paling banyak terjadi, apa saja ? Simak dibawah.

1. RAM terlalu kecil

Ram atau kepanjangannya random acces memory ialah tempat untuk memproses/menyimpan data pada suatu aplikasi ketika tengah dijalankan. Karena itulah fungsi RAM ini sangatlah penting bagi smartphone android mauoun perangkat lain karena pada setiap aplikasi yang terinstall di android agan ketika sedang atau akan dibuka pasti membutuhkan akses RAM.

Saya dulu seringkali mengalami error layanan google play terhenti ketika masih memegang hp android evercoss a100 yang saya beli sewaktu masih kelas 2 sma, hal tersebut sangat wajar mengingat pada perangkat tersebut hanya ditenagai dengan RAM 256mb atau seperempat giga saja. Dengan kapasitas RAM yang hanya segitu sudah pasti kalau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus akan mengalami banyak masalah, hanya saja saya berusaha bersabar dan Alhamdulillah saya berhasil bertahan selama 3 tahun menggunakan hp tersebut.

2. Internal penuh

Sama halnya dengan RAM yang telah sedikit saya bahas diatas, salah satu penyebab layanan google play berhenti ialah mungkin dikarenakan oleh sudah penuhnya memory internal pada android agan. Ketika internal penuh maka tentu saja akan mengakibatkan penurunan kinerja entah itu android, windows maupun ios sama saja menurut saya kinerjanya akan melambat seiring habisnya internal ini.

Artikel Terkait ➡  Pemberitahuan NOTIFIKASI LINE Tidak Bunyi & Muncul ? Ini 8 cara mengatasi

3. Tidak pernah di update

Aplikasi yang masih berada dalam versi lama atau tidak pernah di update semenjak pertama kalai di install biasanya akan terdapat error atau masalah didalamnya seperti tiba tiba menutup sendiri atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Tujuan diadakannya update atau pembaruan pada suatu game / aplikasi ialah untuk memperbaiki kesalahan dan error 6ang terdapat pada versi swbelumnya dan juga menambahkan beberapa fitur menarik baru guna lebih memanjakan pengguna agar tidak lari ketempat lain.

Oleh karena itu jika pihak pengembang sudah mengeluarkan versi terbaru dari aplikasinya maka sebaiknya anda juga ikut memperbaruinya agar tidak ketinggalan fitur keren yang baru saja disajikan tersebut.

B. Cara mengatasi layanan google play terhenti

Setelah mengetahui apa saja penyebab atau pemicu kenapa google play service menutup sendiri, sekarang mari kita beralih pada pembahasan utama yaitu mengenai bagaimana cara mengatasi sayangnya layanan google play telah berhenti.

1. Hapus cache

Metode pertama ialah dengan menghapus cache atau file sampah didalam aplikasi tersebut agar kinerjanya dapat kembali seperti semula. Cache ialah tempat untuk menyimpan file yang tidak terlalu penting adanya seperti daftar riwayat penelusuran pada suatu aplikasi untuk sementara waktu, jadi masih dapat dihapus kapanpun anda mau. Lalu bagaimana cara menghapus cache ? Tenang dan ikuti langkah dibawah ini.

  • Buka pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Kemudian cari googleplay services
  • Masuk ke menu penyimpanan
  • Klick pada “HAPUS MEMORY“.

NOTE : Metode diatas saya lakukan pada perangkat android 6.0 samsung j2 prime jika anda mencobanya dengan menggunakan perangkat lain mungkin akan terdapat sedikit perbedaan didalamnya, oleh karena itu saya harap anda dapat menyesuaikannya sendiri dengan sistem masing masing.

Atau anda juga bisa menghapus cache menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti 360 security, cc cleaner, clean master, du battery saver dan lain swbagainya dengan lebih mudah yaitu hanya sekali tap dan semua sampah akan hilang dwngan sendieinya.

Artikel Terkait ➡  5 Cara Mengatasi MOBILE LEGEND TIDAK BISA LOGIN gagal atau Masuk Akun

2. Hapus data

Langkah selanjutnya jika cara pertama dinilai tidak efektif ialah dengan menghapus secara keseluruhan data data yang terdapat pada layanan google play. Metode ini tergolong lebih efektif karena bukan hanya daftar riwayat penelusuran saja yang dihapus akan tetapi juga berupa riwayat login seperti password juga akan ikut hilang setelahnya. Namun jangan khawatir karena anda masih dapat kembali membuka layanan google play kembali fengan menggunakan gmail (email dari google).

  • Buka pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Kemudian cari googleplayservice
  • Masuk ke penyimpanan
  • Klivk pada “HAPUS DATA”

NOTE : Cara diatas saya lakukan pada perangkat android 6.0 samsung j2 prime, jika anda mencobanya dengan menggunakan hp lain mungkin akan terdapat sedikit perbedaan didalamnya. Oleh karena itu saya harap anda dapat menyesuaikannya sendiri ya.

3. Update

Seperti yang telah saya jabarkan diatas bahwa salah satu penyebab kenapa google play service terhenti ialah dikarenakan tidak pernah di update. Aplikasi yang terlalu lama tidak di update maka kemungkinan besar akan terdapat banyak masalah didalamnya seperti sering menutup sendiri atau force close, menjadi lag(macet saat dimainkan) dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebaiknya jika pihak developers telah mengeluarkan update terbaru maka anda juga harus segera memperbarui aplikasinya agar tidak tertinggal dengan fitur keren yang ditawarkannya.

  • Buka google play store
  • Masuk ke aplikasi dan game saya
  • Kemudian cari layanan googleplay
  • Tap pada “UPDATE”

Walaupun sebenarnya saya kira pihak google terlalu seribg melakukan update pada aplikasi ini namun tidak ada salahnya juga jika anda ikut memperbaharuinya, toh ukurannya downloadnya juga tidak terlalu besar.

4. Install ulang

Adapun metodw lain ialah dengan menghapus instalasi google play service, sebenarnya pada beberapa perangkat aplikasi ini tidak bisa di copot dan pasang sesuka hati karena termasuk dalam salah satu aolikasi sistem.

Namun bagi anda yang sudah melakukan root pada smartphone android tidak ada salahnya jika mencoba cara ini karena selain menghapus data, dengan menggunakan metode ini itu artinya aplikasinya juga akan hilang sepenuhnya dari hp agan. Namun pada sebagian android seperti punya saya (j2 prime) tidak perlu akses root hanya untuk menghapusnya, lalu bagaimana caranya? Simak dibawah.

A. Tanpa root

  • Buka pengaturan
  • Masuk ke aplikasi
  • Kemudian cari googleplay service
  • Lalu click “HAPUS INSTALAN”
Artikel Terkait ➡  4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di BIGO

B. Akses root

  • Buka root explorer
  • Cari folder system ➡ app
  • Lalu hapus saja layanan google play-nya

Atau jika tidak terdapat disini mungkin saja aplikasi tersebut mungkin nyempil di folder root ➡ data ➡ app.

5. Tutup semua aplikasi background

Metode lain ialah dengan menutup semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang atau dalam istilah bahasa inggrisnya ialah background. Ketika terlalu banyak aplikasi berjalan seperti ini maka tentu akan mempengaruhi kinerja android. Lho, bukannya kalau terbuka justru bagus ya jadi kita bisa update setiap waktu. Bukan begitu, tapi baca dulu penjelasan saya berikut ini.

Ketika terlalu banyak aplikasi background maka RAM dan juga processor / gpu pada android anda juga akan dipaksa bekerja maksimal setiap waktu dan bahkan terkadang melebihi kapasitas mereka yang pada akhirnya terjadilah force close atau terhenti sendiri seperti yang tengah anda alami saat ini.

A. Manual

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih aplikasi
  • Lalu pilih saja mana saja yang ingin anda berhentikan satu persatu.

B. Menggunakan tombol home/recent

  • Tekan dan tahan tombol home atau tombol yang ada disebelahnya
  • Setelah itu akan keluar semua daftar aolikasi yang berjalan dilatar belakang
  • Klick pada “TUTUP SEMUA”

atau jika anda tidak mau repot repot menutup aplikasi background tersebut, kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti 360 sevurity, clean master, cc cleaner untuk menutup aplikasi latar belakang dengan mudah yaitu hanya sekali tap.

6. Reboot android

Apabila setwlah melakukan metode pertama hingga terakhir aplikasi googleplay service masih sering menutup sendiri atau terhenti maka mungkin penyebabnya ialah ada pada hp android agan agan sekalian.

Untuk itu cobalah mengetesnya dengan melakukan reboot atau mematikan lalu menghidupkannya kembali dan berharap semoga masalah seperti ini tidak muncul lagi dikemudian hari. Saya tidak akan menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana cara melakukan reboot pada perangkat android karena saya yakin anda sudah sering melakukannya sendiri ketimbang saya.

Setelah melakukan salah satu atau keseluruhan cara mengatasi layanan google play terhenti di android semoga kalian tidak lagi mengalami error seperti ini lagi dan dapat menikmati semua pelayanan daei pihak google melalui aplikasi ini kembali seperti sedia kala.

Terimakasih.

Layanan google play terhenti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here