Cara Ternak Bebek Petelur – Belakangan ini daging dan telur bebek menjadi hal yang sangat populer dikalangan pecinta kuliner , dengan begitu maka jumlah permintaan daging bebek sendiri akan terus bertambah setiap harinya . Dan menariknya lagi permintaan ini tidak dibarengi dengan jumlah pasokan stok daging dan telur itu sendiri .

Inilah saatnya bagi anda untuk memanfaatkan situasi dengan membuka usaha peternakan bebek petelur karena jika melihat dari segi permintaan dan jumlah peternak yang masih minim maka besar kemungkinan anda akan sukses menjadi peternak bebek .

Cara ternak bebek petelur untuk pemula sampai sukses

Lalu bagaimana cara membuka usaha tersebut ? Jangan khawatir karena disini kreativitas.org akan menyajikan secara lengkap dan rinci mengenai cara ternak bebek petelur untuk pemula sampai sukses.

1. Kandang bebek petelur

Pertama yang akan saya bahas dalam artikel berjudul cara ternak bebek petelur untuk pemula ialah mengenai kandang atau tempat tinggal sang bebek .

Kandang tentu menjadi salah satu hal penting dalam suatu usaha peternakan bebek karena disinilah hewan tersebut tinggal dan disinilah mereka menghabiskan sebagian besar sisa hidup mereka.

Kondisi kandang juga sangat berpengaruh dalam produktivitas bebek petelur, ketika bebek merasa nyaman maka tentu saja mereka akan lebih banyak menghasilkan telur telur berkualitas dengan harga jual tinggi .

A. Kriteria kandang yang baik

Berikut ialah beberapa kriteria kandang bebek petelur yang baik agar dapat menunjang usaha peternakan anda nantinya dan juga dapat menjadikan bebek merasa nyaman berada didalamnya.

  1. Jauh dari pemukiman penduduk agar tidak mengganggu karena bau yang dikeluarkan dari kotoran bebek petelur cukup menyengat dan juga agar bebek tidak terganggu .
  2. Terhindar dari predator untuk menghindari kerugian dan bebek tiba-tiba menghilang karena dimangsa.
  3. Mudah dilalui kendaraan supaya memperlancar anda ketika akan melakukan perawatan dan juga pengangkutan saat akan dijual.
  4. Tahan segala macam cuaca karena kita tidak tahu kapan badai akan datang .
  5. Dekat dengan sumber air untuk menghindari kesulitan saat memberi minum maupun melakukan perawatan lain .

B. Jenis kandang bebek petelur

B.1 Kandang baterai

Kandang baterai atau biasa disebut juga dengan kandang box ini sangatlah mirip dengan kandang yang digunakan pada ternak ayam petelur pada umumnya .

Kandang baterai biasanya hanya berisi 1 ekor bebek dewasa dalam tiap ruangan .Namun bisa juga dihuni sehingga 5 ekor bebek petelur tergantung dari ukuran kandang baterai tersebut.

Namin sayangnya kandang tipe ini sudah mulai jarang digunakan oleh para peternak diluar sana .

B.1.1 Kekurangan kandang baterai
Adapun kekurangan pada kandang baterai untuk cara ternak bebek letelur yaitu selain harus mengeluarkan biaya tersendiri dalam pembuatannya juga diperlukan adanya inseminasi ketika bebek petelur akan mrlakukan perkawinan .

B.1.2 Keuntungan kandang baterai
Dimana ada kekurangan disitu juga pastinya akan ada kelebihan yang dimiliki , adapun kelebihan dari kandang tipe baterai pada ternak bebek petelur ialah dapat mempermudah anda ketika akan mengambil telur . Juga lebih mudah mengontrol terhadap penyakit .

B.2 Kandang postal

Jika pada kandang baterai hanya dapat diisi oleh satu itik perpetaknya maka berbeda lagi dengan kandang berjenis postal karena dapat menampung hingga ribuan ekor pada tiap kandangnya tergantung pada ukuran .

B.2.1 Kelebihan kandang postal

  • Tempat pakan dapat ditaruh didalam kandang
  • Mudah dalam melakukan pembersihan

B.2.2 Kekurangan kandang postal

  • Membutuhkan tempat yang luas
  • Biasanya bebek akan berebut pakan jika pakan yang diberikan tidak cukup

B.3 Kandang rak

Ini dia jenis kandang yang paling banyak digunakan saat ini , ia merupakan modifikasi dari kandang postal yang tentunya akan lebih baik dari pendahulunya .

Adapun perubahan yang dibuat ialah dengan menambahkan kolam air ditengah kandang agar bebek petelur dapat membersihkan diri sendiri ataupun hanya sekedar bermain main.

B.4 Kandang basah

Dengan memdengar namanya saja kalian sudah pasti dapat membayangkan sendiri bukan bahwa kandang ini memiliki kolam air tersendiri didalamnya untuk aktivitas bebek petelir seperti mandi, bermain-main, maupun melakukan perkawinan .

Sistem pada kandang basah ini sangat cocok jika ands berniat menetaskan telur hasil dari peternakan bebek , jarak antara kandang dengan kolam sebaiknya berkisar antara 2 sampai 3 meter .

Hal ini dilakukan supaya kandang tidak terlalu basah ketika bebek telah delesai berenang karena tempat basah akan mendatangkan lebih banyk penyakit dan juga bau menyengat .

B.5 Kandang kering

Bertolak belakang dari kandang basah , sistem ini menjauhkan bebek dari air dan hanya menggunakan air ketika akan minum . Adapun ketika mandi bebek petelur biasanya akan digiring ke tempat tempat yang penuh air seperti sungai .

Keuntungan yang akan anda dapat ketika menerapkan sistem kandang kering ialah terhindar dari bau dan penyakit .

Pengetahuan mengenai kandang tersebut saya dapat dari bertaniorganik.com .

2. Pemilihan bibit

Bagian kedua dalam artikel berjudul cara ternak bebek petelur bagi pemula ialah mengenai pemilihan atau cara mendapatkan bibit bebek petelur yang baik dan sehat .

Ketika akan membuka usaha ternak bebek pemilihan bibit tentu menjadi salah satu hal vital karena berawal dari bibit atau biasa disebut DOD (day old duck) inilah kesuksesan anda dimulai .

Untuk mendapatkan bibit bebek yang bemar benar baik dan sehat anda bisa melakukannya dengan 2 cara yaitu membelinya di peternak lain ataupun dengan cara memelihara indukan terbaik lalu menetaskan telurnya sendiri .

A. Ciri ciri bibit bebek petelur (DOD) unggul :

  • Gerakannya lincah
  • Tidak penyakitan
  • Tubuh tegap
  • Nafsu makan tinggi (rakus)
  • Mata jernih
  • Kakinya kokoh
  • Bobot sekitar 40gram
  • Bulunya bersih

B. Ciri indukan berkualitas

  • Tubuhnya bersih
  • Tidak cacat dan tidak memiliki penyakit
  • Nafsu makan tinggi
  • Bobotnya sekitar 1,4kg
  • Bulu pada sayap sudah tumbuh cantik
  • Aktif

Nah setelah mengetahui kriteria bebek petelur yang baik dan cocok untuk dijadikan indukan maupun DOD ,kini sisanya terserah anda mau memilih membeli ataupun menetaskannya sendiri .

Oh iya , pada umumnya bibit bebek petelur (DOD) dapat bertahan hidup selama 24 jam tanpa diberi makan ketika baru saja menetas , hal tersebut tentu akan memudahkan anda jika pemilihan bibit yang digunakan ialah dengan cara membeli .

Dan sebaiknya ketika baru lertama kali memberikan pakan pada DOD jangan langsung memberikan pakan berupa dedak tapi berilah air yang mengandung gula yerlebih dahulu lalu kemudian vitamin yang baik untuk pertumbuhannya kelak .

Perawatan ketika DOD baru menetas sangat penting dilakukan karena pada umur tersebut bibit bebek masih rentan terhadap segala jenis penyakit dan juga semua organ dalam tububnya masih belum dapat berfungsi dengan semestinya .

3. Perawatan

Untuk cara perawatan pada ternak bebek saya akan membaginya kedalam 4 tahap yang memiliki peranan tersendiri dalam usaha cara ternak bebek petelur bagi pemula kali ini , apa saja 4 tahap tersebut ?

  1. Pemberian pakan
  2. Pembersihan kandang
  3. Jenis penyakit pada bebek dan cara mengatasinya

Oke tanpa banyak basa-basi gak penting lagi mari kita langsung saja masuk pada tahap yang pertama yaitu :

A. Pemberian pakan

Walaupun hanya sekedar bebek petelur sahaja namun jangan salah jika anda merawat dan memberinya pakan yang baik dan bergizi maka ia dapat menjadi sumber penghasilan utama anda nantinya .

Pemberian pakan pada bebek petelur juga harus dilakukan secara teratur dan tidak boleh berlebihan apalagi kekurangan karena hal tersebut akan berdampak buruk pada kondisi bebek .

Yabg perlu anda ketahui ialah bahwa bebek sebenarnya tidak menyukai pakan kering , oleh karena itu sebaiknya ketika memberikan pakan tambahkanlah sedikit air kedalamnya .

Pada dasarnya seekor bebek petelur dewasa membutuhkan pakan sekitar 155gram/hari dengan kadar air 15 sampai 20% . Berikut ialah beberapa jenis pakan yang dapat anda berikan kepada ternak bebek petelur yang anda miliki :

A.1 Pakan utama

Pakan utama merupakan sumber pakan yang harus ada dalam setiap usaha peternakan bebek karena memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan seperti vitamin, mineral, dan karbohidrat .

A.1.1 Dedak
Dedak adalah limbah dari proses penggilingan padi yang tidak menjadi butiran-butiran beras, ada yang menjadi kasar dan ada yang halus, keduanya kalau dicampur air yang kasar terasa banyak sekali serat, sebaliknya yang halus seperti bubur kenyal, keduanya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak bebek.

Sumber :http://peternakbebekmuscovy.wordpress.com/2011/05/28/dedak-halus .

A.1.2 Jagung
Anda juga dapat memberi makan bebek dengan jagung karena jagung diketahui memiliki sejumlah nutrisi yang baik bagi perkembangan bebek petelur .

A.1.3 Aking
Merupakan nasi yang dijemur hingga kering atau ditempat saya biasa disebut dwngan “karak”.

A.2 Pakan alternatif

Pakan alternatif ialah berupa pakan tambahan , boleh diberikan namun boleh juga tidak diberikan tergantung anda mau memberikannha atau tidak .

A.2.1 Ampas tahu
Merupakan limbah dari pengolahan tahu yang sudah tidak digunakan lagi , ampas tahu banyak mengandung protein yang baik bagi si bebek petelur .

A.2.2 Ampas tempe
Ampas tempe ialah hasil dari pengolahan tempe , jika ditempat anda banyak pabrik pengolahan tempe maka tidak ada salahnya untuk mencoba pakan ternak bebek petelur ini .

A.2.3 Biji kecipir
Ternyata sayuran ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan bebek petelur lhoo , pilihlah biji kecipir yang berwarna kuning jangan yang cokelat karena banyak mengandung tanin.

B. Pembersihan kandang

Sebenarnya masih banyak jenis pakan yang dapat diberikan kepada ternak bebek petelur namun sayangnya saya malas untuk menyebutkannya satu satu ,hehe .

Pembersihan kandang juga harus dan wajib dilakukan untuk meminimalisir bebek terkena penyakit yang berasal dari bakteri/ kuman .

Tujuan lain dibersihkannya kandang ialah untuk mengurangi adanya bau pada temat bebek bernaung tersebut , kandang bebek petelur yang bau tentu akan samgat mengganggu terutama bagi diri anda sendiri ketika akan melakukan perawatan maupun hanya sekedar mengecek kondisi bebek.

Adapun tata cara membersihkan kandang ialah dengan memindahkan semua bebek ketempat lain agar tidak mengganggu saat proses pembersihan, setelah itu bersihkanlah semua yang ada disana mulai dari tempat makan, dinding, dan semuanya .

Lalu jika sudah selesai jangan lupa untuk memasukkan kembali bebek petelur kedalam kandang.

B.1 Cara membersihkan kandang panggung
Jika anda memakai kandang panggung untuk beternak bebek , saya akan memberikan sedikit tips agar pembersihan tersebut berjalan dengan semestinya .

basahi semua area kandang dengan air bersih secukupnya agar lebih mudah untuk dibersihkan, kemudian gosok semua kotoran/feses dengan air sabun/detergen dengan menggunakan sikat. Bersihkan pula sarang laba-laba diatap, lantai kandang atas dan bawah serta dinding kandang. Kotoran itik diareal bawah kandang diangkut dan disingkirkan jauh dari kandang.

Bilas kembali dengan air bersih agar tidak ada sisa detergen/sabun dikandang. Agar kandang cepat kering kembali anda dapat menggunakan kipas angin/fan ataupun kompresor saat selesai membilas.

Setelah kering semprotkan areal kandang dengan spray campuran air dan pemutih atau dapat juga anda berikan pengasapan dari pembakaran kayu keras sehingga kandang anda bebas bakteri.

B.2 Cara membersihkan kandang postal
bersihkan sampah semisal sisa bulu itik dengan sapu lidi kemudian kumpulkan dan dibakar/buang jauh. Alas kandang kemudian dikeruk sampai bertemu dasar lantai dengan skop dan masukkan kedalam karung untuk kemudian kita singkirkan dari areal kandang.

Semprot dasar alas kandang dengan desinfektan atau bisa juga kita gunakan air detergen dan pemutih dan biarkan meresap/kering. Setelah kering taburi lantai kandang dengan kapur secara merata keseluruh lantai kandang kira-kira setebal 0.5 – 1 cm dan timbun kembali lantai dengan alas kandang yang baru dan kering.

Note !!!

Pengetahuan mengenai tata cara membersihkan kndang panggung dan postal tersebut saya dapat dari http://pintarbeternakbebek.blogspot.my/2017/12/prosedur-bersih-kandang.html?m=1 .

C. Jenis penyakit pada ternak bebek dan cara mengatasinya

Apa saja jenis penyakit pada hewan ternak bebek ? Dan bagaimana cara mengatasinya ? Tentu sebagai peternak yang baik anda haruslah mengetahui kedua masalah teesebut .

Jangan sampai kalian tidak sigap dan waspada karena bebek dapat hidup dilingkungan basah (air) dan didarat oleh karena itulah ada banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang hewan ternak kita kapanpun .

Berikut ialah beberapa jenis penyakit yang seringkali dijumpai pada usaha ternak bebek petelur :

C.1 Stress
Stress pada ternak bebek bisa disebabkan oleh banyak hal , salah satunya ialah karena kondisi sekitar kandang terlalu ramai / gaduh ataupun karena tidak adanya sarana bermain bagi si bebek petelur (kolam) .

Oleh karena itu sebaiknya bangunlah kandang ternak yang benar benar sesuai kriteria agar anda tidak menyesal kedepannya , persiapkan semua terlebih dahulu sebelum memulai sesuatu .

C.2 Kekurangan vitamin A
Cori-ciri bebek yang kekurangan vitamin A ialah :

  • Mudah mengantuk
  • Loyo
  • Mata berlendir
  • Dan mudah terinfeksi penyakit .

Selain itu pada bebek yang menderita penyakit kekurangan vitamin A biasanya produksi telur mereka akan menurun dengan sangat drastis , adapun cara mengatasinya ialah dengan memberikan pakan jagung yang sudah saya jelaskan sedikit diatas .

C.3 Antibiotika dermatitis
Seperti namanya jenis penyakit ini dapat terjadi apabila anda terlalu berlebihan dalam menggunakan obat antibiotik . Adapun ciri bebek yang terjangkit penyakit antibiotika dermatotis ialah :

  • Bulu mudah patah
  • Kulit kering
  • Terlihat gelisah (geli-geli basah) haha

Untuk cara mengatasinya hanyalah dengan menggunakan obat dengan takaran yang tepat dan jangan sampai berlebihan .

C.4 Rickets duck
Ricket atau biasa disebut dengan penyalit tulang ialah salah satu jenis penyakit yang harus anda waspadai karena dapat menyebabkan hewan ternak menjadi lumpuh . Seperti pada manusia penyakit ini pada umumnya disebabkan karena kekurangan kalsium dan vitamin D3.

Pencegahan yang bisa dilakukan ialah dengan cara memberikan pakan yang banyak mengandung kalsium, fosfor dan juga vitamin D .

C.5 Keracunan garam
Penyakit keracunan garam ini biasanya terjadi ketika air minum maupun kolam tempat bebek petelur mengandung terlalu banyak kadar garam . Hal ini biasanya terjadi ketika anda membangun kandang didekat pantai atau tambak yang mengandung banyak garam didalamnya.

C.6 Colera
Penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Pasteurella Avicia ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kematian pada bebek petelur dengan persentase sekitar 50% , Kandang basah dan lembab akan mempercepat penyebaran penyakit kolera ini.

Adapun gejala yang disebabkan ialah sebagai berikut :

  • Sesak nafas
  • Jalan sempoyongan
  • Suara nyaring
  • Pial bengkan dan panas

Jika bebek terlanjur terserang penyakit ini maka obat yang paling tepat ialah dengan memberikan obat Chloramphenicol, Tetra Cycline atau preparat sulfa.

Sedangkan cara mencegahmya ialah dengan melakukan vaksinasi Fowl Cholera, penyuntikan serum darah hewan yang mempunyai kekebalan terhadap penyakit kolera.

C.7 Mata putih
Penyalit mata putih ini pada umumnya disebabkan karena kekurangan vitamin A, kabar buruknya ialah bahwa ia dapat menyerang disegala umur bebek mulai dari bayi hingga dewasa dan juga penyebarannya pun sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis penyakit lain.

Gejala yang ditimbulkan akibt penyakit mata putih ialah :

  • Dari mata dan paruh keluar cairan bening
  • Sulit bernafas
  • Lemah
  • lumpuh

Adapun pencegahan yang dapat anda lakukan supaya ternak bebek petelur tidak terjangkit penyakit mata putih ialah dengan memberikan antibiotik.

Pengetahuan mrngenai jenis penyakit pada bebek letelur tersebut saya dapat di http://hobiternak.com/11-macam-penyakit-yang-menyerang-bebek-dan-solusinya/ .

Sekian artikel mengenai cara ternak bebek petelur untuk pemula, jika ada pertanyaan maupun keluhan yang ingin disampaikan bisa ditulid melalui kolom komentar .

Terimakasih

Cara ternak bebek petelur untuk pemula

Tinggalkan Balasan